• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Generasi Milenial Diminta Ambil Sisi Positif dari Perkembangan Teknologi Smartphone dan Internet

14 March
14:50 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Ahmad Iman meminta generasi milenial dapat mengambil manfaat dari perkembangan internet dan teknologi smartphone. Pasalnya, literasi teknologi banyak ditujukan bagi para milenial untuk memperdalam pengetahuan mengenai peluang dan tantangan bisnis di berbagai bidang.

Permintaan tersebut disampaikan Ahmad Iman saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Enterpreneurship dengan tema "Optimalisasi Teknologi Smartphone di Era Ekonomi Digital dalam Menciptakan Lapangan Pekerjaan" yang diselenggarakan Sentra Indonesia di SMESCO Tower, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

"Kami selalu mendorong generasi milenial untuk mengambil peluang dari perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat sekarang ini. Tentunya, perkembangan teknologi informasi juga harus dioptimalkan secara benar, karena masih banyak yang disalahgunakan,” ungkapnya. 

Ahmad Iman, yang juga Caleg DPR Nomor Urut 1 dari Dapil Jakarta II ini mengakui, di era teknologi digital yang begitu massif, semua sektor berlomba merubah pola pelayanannya dan menambahkan fasilitas dalam menyediakan jasa.

Bahkan, perwakilan Bank Pembangunan Asia (ADB) untuk Indonesia, Winfried Wicklein pernah menyatakan bahwa kemajuan teknologi akan menghilangkan beberapa lapangan kerja, tapi di sisi lain banyak menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Tinggal terus saja tingkatkan agar manfaat dari teknologi informasi, manfaat dari internet maupun smartphone itu bisa benar-benar dilaksanakan, dimanfaatkan secara baik," jelasnya.

Di sisi lain, Ahmad Iman juga menjelaskan bahwa banyak juga yang memakai smartphone secara negatif, misalnya untuk pornografi maupun prostitusi. 

"Tentu kita tidak ingin generasi kita mendatang menjadi seperti itu. Maka kegiatan positif seperti dilakukan Sentra Indonesia harus didukung dan diperluas,” tegasnya. 

Sementara, Pengamat Teknologi Informatika, Dr Muhammad Faiz Rafdhi M. Kom menyatakan bahwa teknologi digital itu adalah Sunatulloh yang punya sifat dua sisi. Apakah kita dapat memanfaatkan segi positif atau justru kita tergilas dengan sisi negatifnya.

Faiz berharap ke depan terkait pemerataan teknologi digital, maka yang utama adalah pendidikan.

Faiz juga berpesan kepada pemerintah bahwa  ke depan infrastruktur yang dibangun adalah infrastruktur teknologi informasi.

"Saat ini sudah dibangun infrastruktur dari sisi jalan, kedepan perlu dibangun infrastruktur teknologi informasi, supaya yang lain mengalami percepatan yang sama dengan kita yang ada di Ibu Kota," ungkapnya. 

Sedangkan Manager Enterprise Product and Pricing Telkomsel, Fani Pristama menuturkan bahwa masyarakat harus siap dalam menghadapi distrupsi digital atau arus digitalisasi yang kini telah datang ke Indonesia.

Pasalnya, kata dia, lapangan pekerjaan yang kini tersedia di Indonesia bisa dipastikan akan terkena dampak dari digitalisasi.

Untuk itu, ia berpesan kepada generasi milenial yang hadir untuk tidak berhenti belajar dengan memanfaatkan teknologi digital yang kian maju.

“Apaun pekerjaan kita itu bakal terkena imbas dari digitalisasi, hari ini kita harus memastikan masyarakat itu mengerti bahwa digitalisasi itu datang dan kita harus bersiap-siap," jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00