• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Nyepi, Momentum Instropeksi Dan Mawas Diri

14 March
13:21 2019
3 Votes (3.3)

KBRN, Sorong : Panglima Koarmada III Laksda TNI ING Ariawan, SE, MM mengatakan Hari suci nyepi merupakan momentum instropeksi dan mawas diri melalui Catur Bratha Penyepian. Momentum ini tidak hanya untuk umat Hindu diri tapi semua bisa menangkap esensi dari apa sesungguhnya filosofi dan makna Hari Nyepi.

"Jadi kita memang perlu instropeksi diri, mawas diri, merenungi hakikat sebagai manusia dan apa yang sudah kita lakukan sebagai manusia dimasa lalu agar bisa kedepan lebih baik," ungkap Ariawan, dalam acara Dharma Santi Hari Suci Nyepi bersam TNI/POLRI dan Masyarakat di Gedung Serbaguna Mako Armada III, Kamis (14/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Panglima juga berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara. "Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian hari suci nyepi. Perayaan nyepi berbeda dengan perayaan hari raya lainnya. Karena sangat jauh dari hingar bingar dan kemeriahaan. Umat hindu merayakan nyepi dengan kesederhanaan, kesunyian dan ketulusan" ujarnya Ariawan menambahkan, rangkaian Hari Raya Nyepi mulai dari Melasti sebagai wujud bhakti kepada Tuhan, yang direalisasikan dalam kehidupan lingkungan, kemudian Tawur kesanga prosesi pengorbanan, dan Nyepi dengan melaksanakan Tapa Bratha Semedi selama 24 jam. "Melalui nyepi, kita diajarkan bagaimana arti kehidupan yang diberikan Tuhan, maka kita diajarkan berpuasa dan menenangkan diri" tutupnya

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00