• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Dokter TNI AD Temukan Sel Punca, Gantikan Terapi Pacu Jantung Tetap

13 March
17:54 2019
1 Votes (1)

KBRN, Bogor : Dokter TNI Angkatan Darat menemukan sel punca yang dapat menggantikan terapi pacu jantung tetap pada penggunanya. Penemuan tersebut merupakan hasil karya mahasiswa program Doctoral IPB dr.  Kolonel CKM Agus Harsoyo . Spjp melalui riset berjudul difrensiasi dan identifikasi kardiomiosit serta sel listrik jantung koneksin asal sel panca masenkimal sumsum tulang macaca nemestria.

Usai pelaksanaan sidang promosi doctoral yang berlangsung di Gedung Andi Hakim Nasutian kampus IPB Dramaga Bogor, dokter Kolonel CKM Agus Harsoyo mengungkapkan uji coba hingga menemukan sel punca di dapatkan di Fakultas Kedokteran Hewan.  Dokter Kolonel Agus Harsoyo melakukan uji cobanya kepada hewan primata beruk yang memiliki kemiripan DNA dengan manusia hingga 93,7 persen . Hasil uji coba  pada primata itu masih membutuhkan 5 tahapan lagi atau sekitar 7 tahun ke depan dapat di aplikasi pada tubuh manusia. 

"Saat ini penggunaan alat pacu jantung sangat mahal bahkan asuransi seperti BPJS tidak menjamin utuh untuk para pasien dan penderitanya , riset itupun menjadi asset bagi dunia kedokteran dan IPB dalam studi pengembangan Biologimolekular ", jelas dr. Kolonel CKM Agus Harsoyo, Rabu (13/03/2019).

Sel Punca atau di kenal dengan istilah stampsel yang di temukan Dokter TNI tersebut adalah harapan masa depan dunia kedokteran Indonesia dalam riset yang berkaitan dengan regenerasi sel serta penyembuhan bagi pengguna terapi pacu jantung.  

Dokter Agus Harsoyo yang juga dokter sub spesialios jantung dan pembuluh darah ahli listrik jantung Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Subroto memilih sekolah pasca sarjana IPB dengan prodi Primatologi karena memiliki laboratorium terstandar internasional.

Riset dengan dana yang terbatas tersebut masih memerlukan langkah yang panjang . Namun ke depan pada road map ke 4 hasil riset tersebut rencananya akan di kerjasamakan dengan Rumah Sakit Pusat Jantung dan Vaskuler Harapan Kita yang di terapkan pada manusia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00