• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Hadapi Pilkada Belu 2021 Mendatang, Sejumlah Parpol Mulai Buka Pendaftaran Bakal Calon

13 March
15:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Atambua : Sesuai ketentuan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024, penyelenggaraan akan di adakan secara serentak.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Belu Domi Mali di Atambua mengatakan, Merujuk ketentuan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak dimaksud terdapat konsekuensi bagi setiap Kepala Daerah yang terpilih pada tahun 2020 mendatang dan kemudian dilantik 2021 tidak akan menjabat sampai masa waktu 5 tahun.

"Tahun 2024 Pilkada terakhir, sebelumnya pelaksanaan Pilkada sudah pada 2020 sehingga konsekuensinya pasangan yang terpilih 2020 akan dilantik 2021, mereka itu masa jabatannya tidak sampai 5 tahun, sebagai Bupati atau Kepala Daerah Gubernur," jelas Domi, Rabu (13/3/2019).

Menurutnya walaupun terdapat ketentuan aturan dimaksud, kepala daerah terpilih hanya bisa menjalankan roda Pemerintahan hanya 4 tahun berjalan, namun telah diatur menyangkut kompensasi bagi mereka yang menjabat selaku Kepala Daerah baik Bupati wakil Bupati maupun Gubernur Wakil Gubernur memperoleh penghargaan atas hak-haknya.

Domi Mali menambahkan wilayah Kabupaten Belu tahun 2020 sudah mulai dalam proses Pilkada. Sejumlah Partai Politik (Parpol) pengusung diketahui sudah mulai merancang tahapan untuk merekrut siapakah Bakal Calon Kepala Daerah yang akan diusung.

"Untuk Kabupaten Belu itu kita sudah mulai proses Pilkada akhir 2020, makanya sekarang sudah ada mulai partai-partai politik mulai merekrut atau mulai mengelus elus calon-calonnya dan Golkar sudah membuka pendaftaran di Kabupaten Belu pasti akan di ikuti oleh partai-partai lain untuk buka pendaftaran calon Bupati Wakil Bupati Belu yang akan datang masa jabatan habis tahun 2021," kata dia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00