• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Tiga Mahasiswi Asing asal Papua Nugini dan Kepulauan Solomon Ikuti Wisuda di Unsoed

12 March
15:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto : Dua mahasiswa asing asal Papua Nugini  yaitu atas nama Susan Gari dan Winneorose Duwit dari jurusan manajemen kelas internasional FEB serta Jane Bira asal Kepulauan Solomon dikukuhkan sebagai wisudawan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) angkatan ke-132 yang digelar di auditorium Graha Widyatama,  Selasa(12/3/2019) pagi.

Susan Gari dan Winneorose Duwit lulus dengan IPK sangat memuaskan,  sedangkan Jane Bira lulus IPK dengan pujian. Mereka bertiga bagian dari 1.019 lulusan yang diwisuda oleh Rektor Unsoed Prof. Dr. Suwarto.

Susan Gari asal Papua Nugini yang fasih berbahasa Indonesia mengatakan, dia kuliah di perguruan tinggi negeri di Purwokerto mulai tahun 2015 karena mengikuti progam beasiswa unggulan dari Kemenristekdikti RI.

"Beasiswa unggulan itu meliputi biaya kuliah, biaya praktikum dan biaya hidup", ungkapnya kepada awak media seusai acara wisuda.

Ketika ditanya kenapa memilih kuliah di Indonesia, Gadis asli Ibukota Port Moresby itu menjelaskan, awalnya ia hanya ikut teman-temannya mendaftar beasiswa dari Indonesia dan tiba-tiba ditempatkan di Unsoed Purwokerto. Namun, selama tinggal di Kota Purwokerto, dia sangat terkesan dengan keramahan masyarakat Banyumas

”Kalau di Banyumas enak sekali soalnya orang-orang di sini kaya ramai. Misalnya kalau mau jalan, walaupun gak kenal tapi monggoh mba, dan ya pak…ya jadi seperti itulah. Bukan kaya di kota kayak Jakarta, Bali, itu kan kota besar, kadang-kadang orang-orangnya gak cuma kayak gitu, jarang ajak ngomong,” terang Susan Gari.

Senada dengan Susan Gari, wisudawati  IPK dengan  pujian asal Kepulauan Solomon, Jane Bira mengungkapkan memiliki banyak teman selama studi di Purwokerto.

“It’s good, people are friendly and we met a lot friends and also plan a lot in Banyumas especially in Purwokerto,” tandasnya.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Akademik Unsoed, Profesor Dr. Ir. Akhmad Sodiq menjelaskan, ketiga mahasiswi asal Papua Nugini dan Solomon merupakan bagian dari program internasionalisasi perguruan tinggi negeri itu. Program internasional tersebut meliputi program Strata satu (S1), Strata Dua (S2) dan Strata Tiga (S3).

"Ke depan, Unsoed akan terus merekrut lebih banyak lagi mahasiswa asing tetapi hanya dibatasi untuk biaya pendidikan", pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00