• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Jokowi Terima CEO Dorna Bahas Kesiapan MotoGP Indonesia

11 March
19:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Presiden Joko Widodo menerima CEO DORNA Sports, Carmelo Ezpeleta dan tim beserta dengan Presiden Direktur ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) Abdulbar M. Mansoer di Istana Kepresidenan Bogor, pada Senin (11/3/2019). Bos DORNA, Carmelo Ezpelata dan ITDC juga membawa serta beberapa pembalap muda Indonesia, Mario Suryo dan Dimas Ekky. 

Presiden Jokowi sempat mencoba menaiki sepeda motor 1000 cc Honda yang dipajang di pelataran halaman belakang Istana Bogor. Motor dengan kapasitas 1000 cc itu adalah jenis motor yang biasa digunakan pembalap kelas dunia seperti Valentino "The Doctor" Rossi, Jorge Lorenzo, dan Marc Marcques. 

Kepada insan media, Presiden Jokowi berujar, kedatangan bos DORNA, Carmelo Ezpelata ke Indonesia guna menanyakan komitmen dari Indonesia dalam menyelenggarakan salah satu balapan paling bergengsi di dunia, yaitu MotoGP dan World Superbike. 

"Ini yang pertama kan sudah ada tanda tangan kerjasama antara ITDC dan Dorna untuk penyelenggaraaan MotoGP di tahun 2021. Ini tadi hanya Mr Carmelo hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa kita siap baik dalam organisasi, menyiapkan infrastruktur, menuju ke sana. Dan saya sampaikan, kita siap,” kara Jokowi.

Kepala Negara menambahkan, untuk menyelenggarakan balap motor kelas dunia di Indonesia, bukanlah hal mustahil, karena Indonesia siap. Jokowi berujar, jika Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga sekelas Asian Games, maka dirinya optimis, Indonesia dapat menjadi tuan rumah untuk MotoGP 2021. 

"Siapp. Asian Games yang mendatangkan banyak atlet saja kita siap mengorganisasi kok. Kita harus optimis, harus optimis,” kata Jokowi. 

Jika tidak ada halangan, Indonesia akan memiliki street circuit seperti di Monaco dan tentunya dengan pemandangan indah karena dekat dengan pantai di Mandalika, Lombok. Presiden Jokowi pun mengatakan, bahwa jika kelak Indonesia menjadi tuan rumah balap MotoGP, maka akan ada dua keuntungan yang didapat, yaitu tuan rumah untuk event olahraga balap kelas dunia dan tentunya mengangkat pariwisata Indonesia. 

"Dan tadi Mr Carmelo menyampaikan bahwa ini adalah street circuit yang katanya sangat indah sekali, mepet dengan pantai. Pantainya indah dan sirkuitnya mepet dengan pantai. ini berarti Kita akan dapat dua pemanfaatan selain olahraga, pariwisata kita juga akan secara brand akan terangkat,” jelas Jokowi. 

Untuk kesiapan infrastruktur dan faktor pendukung lain, Presiden Jokowi mengutarakan, bahwa ke depan akan ada pertemuan lanjutan yang membahas hal tersebut, antara Dorna, pemerintah Indonesia, dan ITDC tentunya. 

"Ok, Nanti akan saya rapatkan baru kita tindak lanjut. Karena sebenarnya infrastruktur juga kita butuhkan untuk diri kita sendiri. Ini hanya digeser ke arah pengembangan Mandalika karena memang Mandalika sudah kita putuskan sebagai 1 dari 10 destinasi wisata baru Indonesia selain Bali,” pungkas Presiden.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00