• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Populerkan Buah Manggis dan Wisata Alam Galungan Melalui Mangosteen Funtastic Run

11 March
15:59 2019
2 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Bertujuan mempopulerkan potensi perkebunan dan pariwisata di Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Buleleng, Junior Chamber International (JCI) Chapter Singaraja menggandeng komunitas pelari Singaraja Runners (Singa Run), akan menggelar kegiatan lari lintas alam “Mangosteen Funtastic Run”.

Ketut Juliawan selaku project director, Senin (11/3/2019) pagi mengungkapkan, selain memasyarakatkan budaya hidup sehat, event yang akan dilepas Minggu 24 Maret mendatang di Lapangan Desa Galungan itu bertujuan untuk menggugah ketertarikan kaum milenial terhadap dunia pertanian, khususnya komoditas buah manggis yang saat ini sudah menembus pasar Asia, utamanya China.

Disamping tanah perkebunan yang subur dengan hasil tanaman kopi, manggis dan durian, Desa Galungan menurut Juliawan juga memiliki objek wisata menawan yang belum banyak diketahui wisatawan lokal maupun mancanegara, berupa air terjun alam. 

“Pertama kita ingin memperkenalkan tentunya budaya hidup sehat dengan olahraga lari, kemudian kita juga ingin memperkenalkan tentang destinasi atau spot-spot wisata yang ada di Desa Galungan. Kita disamping mem-branding tentang potensi manggis yang ada di Desa Galungan itu juga tentang potensi wisata,” ungkapnya. 

Event tersebut dirangkai dengan pelaksanaan “World Mangosteen Fiesta”, melibatkan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng dan Provinsi Bali, serta Gapoktan dari 9 kecamatan se-Buleleng. 

“Untuk pesertanya nanti kita undang semua kelompok tani, tujuannya mengedukasi petani agar lebih memperdulikan potensi dari buah manggis karena pasar sekarang manggis sudah mulai menjadi buah-buah ekspor dan cukup diminati,” imbuhnya.  

Peserta akan diajak berlari sejauh 10 kilometer melintasi hutan lindung Desa Galungan hingga menemukan objek wisata baru berupa air terjun yang masih alami, serta menyusuri persawahan dan perkebunan manggis milik penduduk setempat. 

"Jalur yang dilintasi cukup menantang dan pastinya akan sangat diminati para pelari dan pecinta alam," ucap Putu Arya Dharma selaku koordinator Singa Run.

Pendaftaran peserta telah dibuka mulai tanggal 1 hingga 19 Maret 2019. Selain medali finisher dan jersey, panitia juga menyediakan hadiah menarik bagi peserta yang menggunggah foto terbaik dan terbanyak disukai melalui akun media sosial.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00