• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sudut Istana

Presiden Joko Widodo Kembali Ingatkan Pentingnya Menjaga Keselamatan Berlalu Lintas

10 March
00:28 2019
6 Votes (5)

KBRN, Palembang : Mengendarai sepeda motor bukan hal baru bagi Presiden Joko Widodo. Bahkan, saat kunjungan di daerah dia beberapa kali menggunakan kuda besinya untuk berkeliling meninjau hingga menyapa masyarakat.

Dari pengalamannya itulah Presiden membagikan tips aman berkendara roda dua kepada puluhan ribu generasi muda Millenial pada acara Milenial Road Safety Festival (MRSF) di Sumatera Selatan, yang dipusatkan di sekitar Jembatan Ampera, Kota Palembang, Sabtu (9/3/2019).

Kepada sekitar 150 ribu pengunjung MRSF ini, Jokowi mengingatkan soal perlunya memperhatikan sejumlah hal saat hendak berkendara.

"Siapkan selalu, mulai dari kelengkapan surat-surat, seperti SIM dan STNK, hingga kelengkapan keamanan berkendara," kata Jokowi.

Sejumlah pejabat negara nampak ikut mendampingi Presiden Jokowi di acara ini. Diantaranya adalah Menhub Budi Karya Sumadi, Menpupr Basuki Hadimulyo, Menseskab Pramono Anung dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, serta Walikota Palembang Harnojoyo.

Acara Milenial Road Safety Milenial ini semakin semarak karena diwarnai penampilan artis ibukota seperti Raffi Ahmad, Yuki Kato, DJ Yasmin dan Yura Yunita.

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refli Andri, kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye keselamatan berlalu lintas.

"Tujuan kegiatan ini untuk menekan angka kecelakaan yang saat ini sangat banyak terjadi di rentang umur 15-34 tahun. Pada usia tersebut adalah pemuda yang masuk kedalam kategori Millenial atau usia produktif," ujar Refli.

Refli mengungkapkan berdasarkan data WHO, angka kecelakaan merupakan salah satu yang menjadi penyebab terjadinya kematian. Saat ini proporsi kematian pada umur 15 tahun keatas semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya umur.

Menurutnya, penyebab kematian utama pada laki–laki akibat kecelakaan lalu lintas saat ini meningkat. Angka kecelakaan yang terjadi pada umur muda atau produktif ini, bisa disebabkan oleh kondisi geografis, kondisi jalan, ketidakdisiplinan pengendara terhadap peraturan dan rambu-rambu jalan.

"Persentase kecelakaan lalu lintas pada laki-laki lebih tinggi, sekitar 23,5 persen. Sedangkan pada perempuan mencapai 12,4 persen," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00