• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Kreasi Seni Mural, Media Generasi Milenial Bangka Komunikasikan Pemilu

9 March
19:40 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sungailiat; Kreasi seni  Mural menarik sejumlah generasi milenial Kabupaten Bangka untuk menjadi media lukisan yang mengkomunikasikan pesan-pesan kepemiluan. Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen.

Dari kreasi seni Mural,  itu pula membawa seorang mahasiswa Bangka Tia  Lisatari  untuk berhak menyandang juara satu pada Lomba Kreasi Seni Pemilih Pemula yang digelar KPU Bangka, Sabtu (9/3/2019).

Pengetahuan kepemiluan mahasiswi semester 4 STAIN Babel itu dinilai dewan juri, mampu mengkomunikasikan pesan pemilu 2019 yang tervisualkan dalam gambar Mural, selaras tema lomba 'Sukseskan Pemilu Tahun 2019'.

"Kekuatan imajinasi, tingkat kerumitan, penggunaan warna cat dan padat muatan pesan kepemiluan membawa Tia unggul dari kreasi seni peserta lainnya," kata Zalfika Ammya seorang juri lomba  itu dikonfirmasi RRI, Sabtu (9/3/2019).

Sang pelukis muda seni Mural, Tia menuturkan, lukisan dinding yang dibuatnya itu berupaya untuk memvisualkan lewat goresan-goresan cat tembok yang membawa pesan menyukseskan Pemilu 2019. Materi yang digambarkan melalui Mural itu berbekal pengetahuannya akan kepemiluan yang dia dapatkan dari literasi dan sosialisasi KPU Bangka selama ini.

"Konsepnya ditemukan semalam tadi kemudian saya bawa konsep itu di lomba Mural ini, terus saya lukis. Materinya asal jangan membawa atribut parpol atau caleg. Ya, saya juga ndak mengira bakal juara satu," ungkap Tia, kepada RRI usai menerima hadiah uang tunai dari KPU Bangka.

Selaku generasi milenial yang nota bene pemilih pemula, Tia menuturkan abstraksi dari karya Muralnya itu. Dia mengatakan Pemilu 2019 merupakan pesta demokrasi yang harus didukung semua warga Indonesia termasuk partisipasi aktif sesama generasinya. Isu - isu terhadap Pemilu seperti; ancaman golput, sikap apriori dan hoax, money politik, keraguan memilih menginspirasinya untuk meluruskan kearah pemahaman agar generasi milenial dan siapa pun yang sudah punya hak memilih untuk menyukseskan Pemilu 17 April 2019 dengan menentukan pilihannya di TPS secara cerdas baik untuk Pilpres, maupun Pileg.

"Lima tahun ke depan pembangunan bangsa kita ini, akan ditentukan oleh hasil pemungutan suara Pemilu 2019. Satu suara di TPS itu kan sangat menentukan nasib bangsa, begitu kan pak," kata Tia saat diminta RRI untuk mendeskripsikan karya lukisannya itu.

Tia anak bungsu dari tiga bersaudara itu berharap partisipasi pemilih Pemilu 2019 khususnya di Bangka bisa meningkat. Harapan itu sekaligus ajakannya kepada para pemilih pemula agar jangan ragu menggunakan hak pilihnya di TPS 17 April mendatang.

Sementara itu Komisioner KPU Bangka Divisi SDM dan Parmas Hartati, mengatakan Lomba Kreasi Seni Pemilih Pemula itu merupakan program KPU dalam upaya menggali ide kreatif generasi milenial Bangka usia 16 - 25 tahun untuk mampu berkreasi mengkomunikasikan pesan-pesan kepemiluan, yang selama ini KPU sosialisasikan kepada masyarakat dalam berbagai cara persuasif.

"Tidak sekedar Mural, tapi juga Lomba Berbalas Pantun dan Lomba Lukis Tudung Saji. Lomba itu kami sesuaikan dengan kearifan lokal yang ada di Bangka ini. Alhamdulillah antusias mereka cukup menggembirakan kami," kata Hartati yang juga terlibat penjurian.

Menurut Hartati, kreasi seni yang diikuti generasi milenial itu cukup sesuai dengan masing-masing tema; 'Gunakan Hak Pilihnya Untuk Indonesia' Pada Lomba Berbalas Pantun, 'Semarak Pemilu Tahun 2019' Pada Lomba Lukis Tudung Saji.

Pemenang Lomba Kreasi Seni Pemilih Pemula dalam Pemilu tahun 2019 yaitu; Lomba Mural : Juara 1 : Tia Lisatari, Juara 2 : M. Ilham Faneny, Juara 3 : Risti Anuari. Lomba Lukis Tudung Saji : Juara 1 : Chandra, Juara 2 : Novaldo bernadi, Juara 3 : Riski Akbar. Lomba Berbalas Pantun : Juara 1 : Mulya Ariska & Rakila, Juara 2 : Novitria Utari & Dewi Anjani. Juara 3 : Raudatul Jannah & Siti Patimah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Boyong 20 Pemain, Garuda Muda Siap Bertarung di SEA Games