• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Pasar PC Akan Mengalami Penurunan pada 2019

8 March
18:24 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Komputer pribadi (PC) diperkirakan akan terus mengalami tren penurunan pengapalan pada 2019. Berdasarkan perkiraan yang dikeluarkan oleh IDC, perangkat komputasi termasuk komputer tradisional, laptop, serta tablet, akan mengalami penurunan sebesar 3,3 persen di seluruh dunia pada tahun ini.

Berdasarkan laporan IDC, yang di pantau Radio Republik Indonesia pada Jumat (8/3/2019) penurunan ini sejalan dengan tren tahun 2018.

Dimana tercatat penurunan pengiriman, walaupun pertumbuhan komersil PC dinilai baik. Penurunan ini diperkirakan akan terjadi hingga tahun 2023, dimana pasar akan menyusut hingga 372,6 juta unit.

Sementara, pengapalan perangkat yang dapat dilepas-pasang (detachable), seperti hybird laptop dengan tablet, serta perangkat kerja yang mudah dibawa-bawa akan mengalami peningkatan.

"Notebook/perangkat kerja mobile, dan tablet detachable diperkirakan akan mengambil 53 persen pengiriman komputer pribadi pada 2023," kata Jay Chou, Manajer Riset pelacak PDC di IDC dalam keterangan di situs IDC.

Perangkat berbasis-Chrome (seperti Chromebook) juga diuntungkan dengan diperkirakan akan mengalami pertumbuhan seiring lebih banyak tablet detachable Chrome yang mememasuki pasar.

IDC menulis bahwa saat ini, vendor-vendor tengah mengalihkan fokus penjualan perangkat mereka untuk perusahaan, serta institusi pendidikan.

Sementara, pengapalan tablet juga akan mengalami penurunan dengan tingkat pertumbuhan tahunan majemuk (CAGR) dilaporkan turun hingga -4,4 persen. Sementara Perangkat komputer tradisional, akan mengalami penurunan permintaan, diimbangi dengan meningkatnya peluang kemunculan notebook, stabil dengan sedikit penurunan CAGR sebesar -0.4 persen, antara 2019 dan 2023.

Komputer gaming, yang telah membangun momentumnya selama tahun 2018 lalu juga turut menghadapi tantangan jangka pendek, dimana pasar tengah bekerja pada lingkungan kartu grafik lama, dan ekosistem gaming yang memanaskan penawaran terbaru Nvidia.

IDC juga memperkirakan imigrasi terakhir user ke Windows 10 dalam jumlah yang cukup besar pada tahun ini. (IDC)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00