• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Gubernur Kalbar Resmi Lounching Portal Satu Data Kalbar

4 March
16:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak: Berawal dari masih banyak data yang tidak akurat, sehingga menjadi kendala Pemerintah Daerah dalam melaksanakan perencanaan program pemerintah, mendorong Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat melakukan trobosan dengan menyatukan data secara integrasi dalam suatu sistem. Salah satunya dengan meluncurkan Portal Satu Data Kalbar, dimana merupakan aplikasi web yang bisa di akses oleh siapapun termasuk kalangan jurnalis.

“Setidaknya ini bisa membantu Pemprop Kalbar dalam penyusunan perencanaan program pemerintah daerah, sehingga dapat terimplementasi secara baik dan akuran setiap program yang ada,” ungkapnya Senin (04/03/2019) di satu diantara Hotel berbintang di Jalan Gajahmada.

Setelah data yang terintegrasi dengan baik, mantan walikota pontianak dua periode ini menambahkan, data harus mudah diakses oleh semua masyarakat yang membutuhkan dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Data yang sudah terintegrasi harus mudah di akses atau dibuka, makanya data apapun dibutuhkan boleh dibuka sepanjang menurut Undang-undang bukan rahasia, buka saja agar kita transparan dalam tata kelola pemerintahan yang baik," tegasnya.

Lanjutnya, Portal Satu Data ini untuk pengelolaan datanya dibawah naungan pemerintah pusat dan para pemuda lokal turut berpartisipasi dalam pengelolahaan Portal Satu Data tersebut. 

"Pengelolaan data ini sebenarnya dibawah kantor kepresidenan dan ada timnya kita harus mengacu ke sana. Dan manfaatkan anak-anak muda lokal turut serta mengelola data, saya tidak mau berbagai aplikasi di pemerintahan apapun termasuk anggaran dikendalikan oleh pihak lain, sehingga mereka tau rahasia keuangan kita," ujarnya.

Sementara itu, Robertus Theodores Staf Ahli Presiden yang juga merupakan Tim Satu Data Indonesia menilai, diresmikannya Portal Satu Data Kalbar merupakan tindak lanjut konkrit atas komitmen seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di tiap kabupaten kota di Kalbar yang telah menandatangani kesediaan mengimplementasikan Satu Data pada Kick Off Open Data yang diselenggarakan pada awal Desember 2018 lalu. 

“Jadi ini merupakan itikad baik, kalau tidak salah di pertemuan sebelumnya, seluruh OPD kabupaten kota menandatangani komitmen bersedia mengimplementasikan satu data. Tindak lanjut konkritnya dengan meluncurkan Portal Satu Data Kalbar,” paparnya.

Robertus Theodores menuturkan, Portal Satu Data  Kalbar ini mencakup semua data OPD yang ada di Kalbar yang di integrasikan dalam suatu sistem. Menurutnya, langkah ini sangat sejalan dengan apa yang telah di cita-citakan pemerintah pusat. Apalagi sudah menjadi komitmen Pemerintah Propinsi Kalbar melalui Gubernur Sutarmidji, karena untuk mengimplementasikan program harus di dukung dengan data yang akurat. 

“Sehingga pada saat monitoring dan evaluasi program tersebut berjalan sesuai dan tepat sasaran,” pungkasnya. 

Untuk Portal Satu Data dapat diakses di www.data.go.id terhitung mulai tanggal 4 maret. (Syahrul)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00