• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Akselerasi Industri Pariwisata, Tokoin Tawarkan Platform Blockchain

2 March
19:45 2019
1 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Pasca sukses melaksanakan grand launching di Jakarta, Rabu (27/2/2019), Tokoin sebagai platform digital berbasis teknologi blockchain, melanjutkan roadshow ?nasional. Roadshow nasional itu untuk semakin dekat dengan pelaku-pelaku industri dan pecinta teknologi. 

Bali menjadi salah satu daerah yang berkesempatan dikunjungi Tokoin. Alasannya tentu karena Pulau Dewata menyimpan segudang potensi ditengah geliat kepariwisataan. 

Dalam roadshownya di Bali, Tokoin membalut kegiatan tersebut dengan diskusi bertemakan "?Accelerating Growth of Hospitality Industry in Bali, Specifically Hotels and Culinary Businesses Through Blockchain Utilisation". Diskusi yang berlangsung di DILO-Bali creative hub, Tokoin menggandeng Surya Sudarmadi selaku kreator dari aplikasi pendukung manajemen bisnis pariwisata, GuestPro. 

Surya Sudarmadi menyampaikan, banyak peluang untuk mengembangkan aplikasi penunjang sektor kepariwisataan. 

“Sebenarnya sangat besar peluang untuk membuat dan mengembangkan produk aplikasi pendukung dunia usaha pariwisata, karena pengguna, dalam hal ini pelaku bisnisnya sangat luas, bukan hanya Bali tapi juga seluruh Indonesia. Jika potensi pariwisata bisa didukung dengan reputasi dari para pelakunya, maka kesempatan untuk berkembang bisa semakin maksimal," ungkapnya, Sabtu (2/3/2019). 

Sementara Project Manager Tokoin sekaligus pembicara pada Tokoin Talks, Mutia Rachmi mengakui, pihaknya menyadari industri pariwisata memiliki potensi untuk mengembangkan usahanya dan mendirikan reputasi dengan bantuan platform teknologi. Dengan membangun feature dan layanan yang tepat, maka Tokoin akan semakin mampu membantu UMKM untuk memiliki reputasi bisnis yang kredibel.

“Tokoin ingin agar UMKM termasuk didalamnya industri pariwisata, bisa memiliki reputasi bisnis dalam bentuk valuable assets, maka Tokoin menyediakan layanan yang kami sebut dengan Digital Business Identity dan Digital Ledger yang berfungsi untuk mencatat dan memvalidasi transaksi, sehingga pencatatan tersebut bisa berfungsi sebagai valuable asset bagi UMKM itu sendiri," ujarnya. 

Dalam presentasinya, Mutia pun menjelaskan mengenai teknologi blockchain yang dapat memberikan harapan baru dalam mengembangkan bisnis model masa depan sehingga mampu meningkatkan bisnis pariwisata khususnya di Pulau Seribu Pura. Rangkaian acara Tokoin Roadshow ini juga didukung oleh B2B marketplace Ralali.com sebagai Strategic Partnership

Mutia Rachmi menjabarkan, Tokoin dan Ralali.com memiliki kesamaan misi, yaitu untuk memajukan UMKM Indonesia. Dengan jumlah lebih dari 59 juta unit UMKM yang dimiliki Indonesia, Tokoin bersama dengan Ralali.com ingin agar pelaku industri mikro Indonesia dapat ?go digital dan mengembangkan bisnisnya secara lebih maksimal. 

"Maka, melalui ?roadshow ?ini, Tokoin berharap agar semakin banyak UMKM yang menyadari pentingnya literasi teknologi untuk berakselerasi di pasar berkembang," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00