• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Trump - Kim Jong Un Belum Sepakat Denuklirisasi di Hari Pertama

28 February
13:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertemu kembali hari Kamis setelah bercakap selama jamuan makan malam tanpa tanda-tanda kemajuan pada masalah utama denuklirisasi.

Donald Trump memuji hubungan istimewanya dengan Kim ketika ia bertemu Kim Jong Un untuk kedua kalinya di ibu kota Vietnam, Hanoi pada hari Rabu (27/2/2019).

Trump mengaku puas dengan pembicaraan dengan Kim, meskipun ia mengatakan tidak ada kemajuan berarti.

"Pertemuan hebat dan dialog yang sangat baik," kata Trump di Twitter setelah makan malam dengan Kim di Hotel Metropole, dikutip dari Reuters, Kamis (28/2/2019).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump tampak akrab saat berbincang dalam pertemuan di Hotel Metropole, Hanoi, Vietnam.

Gedung Putih tidak memberikan indikasi apa yang mungkin melibatkan upacara penandatanganan, meskipun diskusi kedua pihak telah memasukkan kemungkinan deklarasi mengakhiri Perang Korea 1950-1953.

Mereka juga telah membahas langkah-langkah denuklirisasi parsial, seperti memungkinkan pengawas untuk meninjau pembongkaran reaktor nuklir Yongbyon Korea Utara, kata para pejabat AS dan Korea Selatan.

Salah satu konsensus AS kepada Korut adalah membuka kantor penghubung atau mengizinkan proyek-proyek antar-Korea, tetapi yang mengkritik karena Trump memberikan terlalu banyak kelonggaran dan terlalu dini.

KTT Vietnam adalah pertemuan kedua Donald Trump dan Kim Jong Un, setelah pertemuan pertama mereka di Singapura pada Juni 2018, tidak menghasilkan kemajuan konkret denuklirisasi Korea Utara.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00