• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Gubernur Se Indonesia Keluhkan Gaji, Emil: Gaji Gubernur Rp6 Juta, Sudah Cukup

22 February
19:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandung:Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, besar atau kecil gaji seorang kepala daerah, untuk ukuran seorang pemimpin sudah dianggap cukup. Hal itu dikatakan Emil sapaan akrab orang nomor satu di Jawa Barat itu, menjawab pertanyaan wartawan menyusul adanya keluhan  Gubernur se Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), terkait jumlah gaji Gubernur lebih kecil dibandingkan anggota DPRD.

“Saya kira yang namanya level Gubernur, Walikota sebenarnya sudah cukup. Tapi kalau mau aple to apple to apple memang sangat kecil, cuman Rp.6 juta,”ungkap Emil di Kota Bandung, Jumat, (22/2/2019).

Ia menambahkan, walaupun ditambah dengan adanya dana operasional itu bukan untuk pribadi seorang gubernur. Sebab itu adalah jatah operasional yang harus habis dan dilaporkan secara transparan kepada BPK untuk kepentingan kelancaran tugas.

"Tapi (dana operasional) bukan untuk belanja pribadi jangan dibedakan bahwa seolah dana operasional itu adalah tambahan penghasilan yang bisa ditabung, itu keliru," jelasnya.

Dijelaskannya juga bahwa sebenarnya dana operasional bukan untuk mensejahterakan kepala daerah, tapi melancarkan urusan masyarakat.

Yakni ketika masyarakat membutuhkan pertolongan bantuan misalnya menebus biaya rumah sakit. Maka jika ditanya soal cukup atau tidak, Emil menyebut harus cukup.

"Kalau saya mah niatnya merebut kekuasaan itu untuk mengambil keputusan, jadi bukan untuk mencari nafkah. Maka seorang Ridwan Kamil tidak pernah menghitung cukup, tidak cukup ya dicukupi-cukupi saja," paparnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00