• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

UNBK di Belu Terkendala Terbatasnya Dukungan Fasilitas

22 February
16:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Atambua : Sekretaris Daerah Belu Petrus Bere di Atambua mengatakan, Ujian Nasional Berbasis Komputerisasi (UNBK) penyelenggaraan sudah merupakan ketentuan Kementerian Pendidikan Nasional, akan hal ini sudah seharusnya semua sekolah penyelenggara termasuk di wilayah perbatasan menerapkannya, Jumat (22/2/2019).

Berkaca penyelenggaraan UNBK tingkat SMA/SMK sederajat tahun pembelajaran sebelumnya 2017/2018 lalu, baru 6 sekolah di Belu yang menyelenggarakannya. 

Ia menilai dari aspek kesiapan infrastuktur apalagi sekolah di daerah pelosok Desa perbatasan masih sangat minim fasilitas. Kondisi demikian dianggap belum terlalu mendukung, baik menyangkut perangkat ujian, layanan listrik maupun jaringan internet, hal ini tentunya menjadi kendala yang cukup mengemuka dimana belum semua sekolah di Belu selenggarakan UNBK.

"Kita tahu banyak sekolah di kampung. serba kurang, fasilitas komputer terbatas belum SDM, layanan listrik ya begini kondisi, jaringan internet juga belum bagus jangkau semua wilayah, jadi baru beberapa sekolah saja selenggarakan karena sudah cukup siap," terangnya.

Ia mengakui, baru tiga sekolah tingkat SMA serta tiga SMK di Belu menyelenggarakan UNBK. Namun berdasarkan ketentuan yang ada, Sekda Belu memastikan apabila fasilitas sudah cukup mendukung, semua sekolah di daerah perbatasan Belu akan selenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

"Fasilitas sudah cukup bagus ada dukungan perangkat, semua sekolah sudah harus selenggarakan, tentunya semua pemangku kepentingan disekolah yang berkompeten dengan ujian, SDM juga harus mendukung," katanya.

Sekda juga kembali mengingatkan para siswa peserta ujian tahun ini untuk mempersipkan diri secara baik dengan tekun belajar, di samping peran penting tenaga pendidik serta para orang tua agar bisa secara kontinyu mendampingi para anak didik bisa ikut ujian secara baik, yang dijadwalkan pada awal April 2019 yang tinggal dua bulan ke depan.
 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00