• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sudut Istana

Presiden Jokowi Minta BLK di Ponpes Ditambah Hingga 3000 Unit

22 February
15:16 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan terbentuknya 3.000 Balai Latihan Kerja (BLK) di lingkungan Pondok Pesantren di seluruh Indonesia. Target tersebut, menurutnya, akan terus diupayakan terwujud pada tahun 2020 nanti.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyaksikan dan menyampaikan sambutan pada penandatanganan kerja sama antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan pondok pesantren penerima BLK di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jokowi menyebutkan, saat ini pemerintah telah membuka sekitar seribu BLK di pesantren-pesantren. Jumlah itu dirasa kurang mengingat jumlah pesantren di seluruh Indonesia mencapai 29 ribu.

“Saya kira kalau cuma seribu, masih sangat kurang. Tahun depan minimal 3.000 karena jumlah pesantren di Indonesia mencapai 29 ribu,” katanya seperti dikutip dari laman Kementerian Ketenagakerjaan.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyebut ancaman bonus demografi yang dihadapi Indonesia. Oleh karenanya, anak-anak yang menyongsong usia kerja harus diberi bakal keterampilan, salah satunya melalui BLK di pesantren.

“Selanjutnya saya akan melihat langsung ke lapangan guna memastikan BLK di pesantren berjalan baik,” tandasnya.

Menurut data Kementerian Ketenagakerjaan, pembangunan BLK di lingkungan pesantren dimulai pada tahun 2017 dengan membentuk 50 BLK. Tahun 2018 jumlahnya naik menjadi 75, dan tahun 2019 terjadi kenaikan drastis yaitu menjadi 1.000 BLK.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00