• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Adira Finance Bali Nusra Optimis Pembiayaan Tumbuh 20 Persen

21 February
14:53 2019
3 Votes (4.3)

KBRN, Sanur : Kondisi perekonomian nasional berdampak pada tumbuhnya optimisme di pasar domestik. Seluruh sektor baik mikro dan makro maupun perkreditan meyakini sentimen positif akan berlanjut di tahun 2019.

Head of Regional SSD area Bali Nusa Tenggara Adira Finance, Surya Almada Syahlani kepada wartawan mengaku optimis sektor pembiayaan berupa otomotif dan non otomotif seperti multiguna serta durable goods akan tumbuh. Khusus di Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur pihaknya mematok target pertumbuhan 20%.  

Sedangkan untuk tahun 2018, Adira Finance berhasil meralisasikan pertumbuhan pembiayaan diangka 23%. Sektor pembiayaan sejauh ini menurutnya masih didominasi otomotif.

"Kalau otomotif masih diangka 80 sampai 90 persen," ungkapnya di Sanur, Kamis (21/2/2019).

Ditanya soal kondisi pasar, khususnya pasca gempa di Nusa Tenggara Barat, Surya mengakui pihaknya juga mendapatkan imbas dari musibah tersebut. Salah satu dampak adalah terkatrolnya angka non performing loan (NPL).

"Pastinya pengaruh. Tetapi artinya sudah pasca pemulihan. Artinya kita tutup dengan angka yang cukup bagus," katanya.

NPL (kredit bermasalah) di NTB pasca gempa berada diatas 2%. Secara kumulatif, angka NPL Adira Finance di Bali Nusra hanya 1,7%. Sementara dari jumlah konsumen Adira Finance di Bali Nusra hingga penghujung tahun 2018 sebanyak 108.000 orang, dan secara nasional menembus angka 3 juta nasabah.

Dalam upaya merangsang konsumen, Surya mengaku pihaknya mengadakan program bertajuk Harcilnas (hari cicilan lunas). Program yang disebut apresiasi bagi pelanggan itu akan dilaksanakan 1 Februari hingga 31 Oktober 2019.

Adira Finance dikatakan memberikan hadiah kepada 1.000 konsumen yang akan diundi setiap tanggal 17. Dari 1.000 pemenang, 250 konsumen beruntung akan menerima pelunasan seluruh sisa pokok pembayaran cicilan, dan 750 pelunasan 1 bulan pembayaran cicilan.

"Cara mengikuti dan mendapatkan poin harcilnas sangat mudah. Konsumen cukup melakukan registrasi melalui website Adira Finance ataupun aplikasi AKSES Adira Finance. Setiap konsumen baru yang melakukan pembiayaan produk Adira Finance selama program berjalan akan langsung mendapatkan 50 poin," jelasnya.

"Konsumen yang melakukan repeat order seluruh produk akan mendapatkan 60 poin. Jika melakukan registrasi melalui aplikasi AKSES Adira Finance akan mendapatkan tambahan 5 poin, dan seluruh konsumen yang melakukan pembayaran cicilan tepat waktu akan mendapatkan 1 poin tambahan. Program ini akan diundi setiap tanggal 17 mulai bulan Maret, sedangkan di akhir periode akan diundi pada tanggal 13 November 2019 atau bertepatan dengan ulang tahun kami," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00