• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Jokowi Tuding Ratusan Ribu Ha Lahan Dikuasai di Aceh dan Kaltim, Prabowo : Itu HGU

18 February
00:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Capres nomor urut 1 Joko Widodo menuding capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menguasai ratusan ribu hektar lahan di Provinsi Aceh dan Kalimantan Timur. 

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam debat capres putaran ke dua yang berlangsung di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam. Debat kali ini mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat dia memaparkan data terkait pembagian sertifikat tanah yang telah dilakukan pemerintahan yang dipimpinnya itu. Jokowi menyebut, 2,6 juta sertifikat tanah telah dibagikan kepada masyarakat kecil. 

"Itu bidang tanah yang kecil-kecil yang kita bagikan sertifikat. Bukannya yang besar. Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan 220 ribu hektar di Kalimantan Timur dan 120 hektar di Aceh Tengah. Kalau yang besar-besar ini, tidak diberikan lagi izin di pemerintahan saya," kata Jokowi. 

Tudingan tersebut ditanggapi oleh Prabowo di akhir sesi debat. Dia menyebutkan, bahwa lahan yang selama ini dikelolanya itu telah memiliki izin Hak Guna Usaha (HGU). 

"Memang benar, tapi itu HGU. Jadi itu milik negara. Kapan pun negara minta saya siap memberikan. Karena itu punya negara, saya akan berikan semuanya untuk negara. Tapi jika setelah diambil negara lalu dikelola oleh pihak asing, itu lebih baik biar saya yang kelola saja," kata Prabowo. 

Dikutip dari laman http://prabowosubianto.info disebutkan, perusahaan Tusam Hutani Lestari berada di Nanggroe Aceh Darussalam, areanya meliputi kawasan pegunungan di Aceh Tengah, sehingga menyediakan iklim yang sempurna bagi pertumbuhan Pinus Mercusii sebagai sumber bahan baku utama kertas gelondongan. Konsesi berlaku hingga tahun 2042 untuk area sebesar 97.300 hektar.

Tanjung Redeb Hutani berlokasi di Propinsi Kalimantan Timur dengan area perkebunan seluas 180.330 hektar, serta perijinan da hak pengelolaan hingga 2035.

Kiani Lestari berlokasi di Propinsi Kalimantan Timur, dengan produksi utama tanaman industri seluas 223.500 hektar. Hak pengelolaan berlaku hingga tahun 2010. Kiani Hutani Lestari berlokasi di Propinsi Kalimantan Timur dengan area perkebunan seluas 53.083 hektar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00