• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Ini Pendapat Capres 01 dan 02 Soal Lingkungan Hidup

17 February
21:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto berpendapat pencemaran lingkungan baik berupa limbah industri maupun rumah tangga, sudah mencapai titik kritis.

Dalam debat Capres bertemakan Tema Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Prabowo apabila terpilih menjadi presiden, dia akan melakukan penegakan hukum yang tegas terhadap pelanggar. Sebab menurutnya sudah rahasia umum dibeberapa tempat ada perusahaan yang meninggalkan limbah yang sangat mencemari lingkungan.

"Sudah bukan rahasia umum ada kongkalingkong antara pengusaha dan pejabat, sehingga kejahatan mereka yang melakukan pencemaran lingkungan ini tidak ditindaklanjuti," kata Prabowo, dalam Depat Capres di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Pada bagian lain Capres Prabowo juga mengemukakan, jika terpilih menjadi Presiden akan memisahkan Kementerian Kehutanan dangan Kementerian Lingkungan Hidup yang menurutnya mejadi masalah.

"Sseharusnya Kementerian Lingkungan Hidup yang mengawasi Kementerian Kehutanan bukan sebaliknya dan ketika digabung inilah yang menjadi masalah," kata Prabowo.

Capres nomor urut 01 Joko Widodo menanggapi Capres nomor urut 02 mengatakan, dimasa pemerintahannya sudah ada 11 perusahaan yang diberi sanksi sebesar Rp11,3 T, karena terbukti melakukan pencemaran lingkungan.

"Kita tegas terhadap pelanggar lingkungan," tegas Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan, yang sedang dilakukan saat ini adalah mengatasi pencemaran yang terjadi di Sungai Citarum Jawa Barat dan mengatasi limbah plastik baik di darat maupun di laut, sebagai bukti koncernnya pemerintahannya terhadap lingkungan hidup.

Menjawab hal itu, Capres nomor urut 02 Prabowo mengatakan, selalu menghargai tindakan pemerintahan yang berjalan sesuai dengan fungsinya. Namun menurutnya, karena masalah lingkungan sangat krusial, maka pada saatnya nanti perlu ada investigasi lanjutan terhadap pelanggaran lingkungan hidup yang menjadi PR kita semua.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00