• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Ini Tiga Cara Memadamkan Api Jika Kebakaran

12 February
23:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota (DPKP) Banda Aceh, M Nurdin menjelaskan, pihaknya mengenalkan tiga cara memadamkan api kepada pelajar dan dewan guru di SMP 1. Katanya, kegiatan ini merupakan salah satu program Pemmo Banda Aceh yang diamanahkan Wali Kota kepada DPKP.

“Ada tiga cara yang kita kenalkan kepada para pelajar, yakni cara tradisional, pemadaman cara modern dengan menggunakan APAR dan pemadaman api pada kompor gas elpiji,” ungkap Nurdin Selasa (12/2/2019).

Lanjutnya, cara tradisional para pelajar diajarkan memadamkan api dengan menggunakan goni basah untuk menjinakkan si jago merah. Sebelum melakukan simulasi, para petugas menjelaskan terlebih dahulu fungsi dari alat alat tersebut dan cara menggunakannya dengan detail kepada para pelajar.

Kemudian juga disimulasikan cara memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Simulasi terakhir dilakukan pemadaman api pada kompor gas elpiji. Para petugas memperlihatkan tabung elpiji warna hijau yang biasanya terdapat di rumah dan cara menggunakannya.

Hasilnya para pelajar di SMP 1 berhasil melakukan proses pemadaman api dengan tiga cara tersebut. Tampak sejumlah siswa senang mengikuti kegiatan ini. Bekali-kali aplaus berupa tepuk tangan dari ratusan pelajar yang menyaksikan teman temannya yang berhasil memadamkan api.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00