• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Generasi Milenial Diajak Galakkan Ekspor Bidang Pertanian

12 February
22:50 2019
1 Votes (3)

KBRN, Palangka Raya : Sekitar 200 orang dari Kelompok Petani di kawasan Kameloh Misik Kelurahan Kalampangan dan siswa-siswi SMK Negeri 7 dan SMK Budi Mulya Palangka Raya diberi pemahaman tentang persyaratan ekspor dalam upaya peningkatan ekspor komoditas pertanian.

Kegiatan ini dilakukan di areal kebun buah naga milik petani di Jalan Kameloh Misik pada Selasa (12/2/2019). 

Salah seorang Petani buah dari kalangan milenial, Amas Idot, mengatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan ke depan dapat membuka peluang pemasaran yang lebih luas untuk hasil produksi pertanian di kebun miliknya. 

“Sebagai acuan untuk melangkah lebih baik karena kendala kita itu dari situ untuk penjualan dan distribusi setelah panen,” tuturnya.

Amas Idot berharap agar aparat pemerintah membantu petani buah di Kameloh Misik untuk memiliki koperasi yang dapat menampung hasil panen mereka.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya, Parlin Robert Sitanggang, menyampaikan peran karantina dalam memfasilitasi kegiatan ekspor komoditas pertanian serta pemenuhan persyaratan ekspor perdagangan global.

“Hasil tanaman kita akan sertifikasi di pintu pemasukan maupun pengeluaran. Di daerah Kalteng ini potensial terhadap budidaya hortikultura terutama buah-buahan. Di sini ada buah naga, durian, nanas,” ujarnya.

Menurut Parlin potensi Kalteng di sektor budidaya tanaman hortikultura harus dikembangkan. Sinergitas para pihak terkait sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pendapatan petani.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya menambahkan generasi milenial yang bergelut di bidang pertanian harus didorong untuk mengusai teknologi informasi agar mempunyai akses perdagangan internasional dan berdaya saing. Upaya tersebut dilakukan pihaknya melalui program Ayo Galakkan Ekspor Generasi Milenial Bangsa atau disingkat AGRO GEMILANG.

Melalui kegiatan AGRO GEMILANG di kawasan Kameloh Baru juga diharapkan dapat menumbuhkan minat generasi milenial di bidang pertanian. Untuk itu selain petani, siswa-siswi SMK Negeri 7 dan SMK Budi Mulya Palangka Raya juga turut serta dalam kegiatan yang dirangkai dengan panen buah naga bersama.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00