• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BPBD Kubar Terjebak Banjir Salurkan Bantuan ke Puti Bentian Besar

12 February
22:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) meninjau lokasi sekaligus menyalurkan bantuan bagi para korban di Kampung Dilang Puti Kecamatan Bentian Besar, Selasa (12/2/2019).

Sayangnya sebelum tiba dilokasi, perjalanan rombongan BPBD Kubar harus terhenti kurang lebih 1 Kilometer dari Pemukiman Penduduk tepatnya diarea sekitar Polsek Bentian Besar, karena kondisi air sudah menggenangi badan jalan Poros Trans Kalimantan menuju Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang merupakan akses utama menuju Ibu Kota Kecamatan Bentian Besar di Kampung Dilang Puti dengan Ketinggian mencapai 2,5 meter.

Akibat kondisi tersebut, kegiatan peninjauan dihentikan dan bantuan logistik sembako disalurkan kepada Warga korban banjir melalui Polsek Bentian Besar.

Kepala Pelaksana BPBD Kubar Jenton yang memimpin langsung rombongan, kepada RRI mengatakan, hari ini pihaknya fokus  melakukan peninjauan sekaligus memberikan bantuan sembako seadanya untuk kebutuhan dapur umum.

"Tadi ada Mie Instan, Beras, Minyak Goreng, Air Mineral dan beberapa jenis sembako lainnya, itu untuk kebutuhan dapur umum bagi warga, seadanya. Karena besok atau lusa kami kesini lagi sambil menunggu data pasti dari pihak kecamatan mengenai jumlah jiwa yang terdampak musibah banjir ini. Karena di bentian besar ini dari 9 kampung, ada 4 kampung yang terendam banjir. Nah data korban yang terdampak banjir ini belum masuk semua, baru di Ibu Kota Kecanatan saja, di Dilang Puti ini, ada 702 Jiwa,"katanya.

Jenton menyebutkan, 4 Kampung di Kecamatan Bentian Besar yang terendam banjir yakni, Kampung Dilang Puti, Penarung, Swakong dan Kampung Jelemuq Sibak. Dengan ketinggian rata-rata sepinggang orang dewasa hingga 2,5 meter.

Selanjutnya tambah Jenton, akan dikoordinasikan dengan Dinas terkait di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terutama masalah bantuan khususnya sembako yang saat ini memang dibutuhkan oleh para korban.

Untuk diketahui, Musibah banjir di 4 Kampung di Kecmatan Bentian Besar Kabupaten Kutai Barat kali ini merupakan yang terparah, selama 3 hari terakhir dengan kondisi air saat ini dalam keadaan bertahan. 

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00