• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Aksi Tutup Jalan Berakhir, PU Janji Tangani Kerusakan Jalan

12 February
22:12 2019
0 Votes (0)

KBRN Sintang: Aksi penutupan  jalan Sintang- Ketungau oleh warga akhirnya  berakhir setelah melalui kesepakatan antara pemerintah dan kelompok masyarakat setempat.

Sebelumnya kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang Murjani memimpin mediasi dengan Kepala Desa Simba Raya serta perwakilan warga Desa Simba Raya yang melakukan aksi pemagaran jalan Sintang- Ketungau.

“Berdasarkan kesepakatan kita tadi, PU akan segera menangani mulai besok, (Rabu, 13/02/2019)  Untuk itu, portal ini kita buka," ujar Murjani seusai meminta warga membuka portal jalan, Selasa, (12/02/2019) sore.

Murjani mengatakan sebenarnya  tanggung jawab perbaikan jalan ini merupakan tanggung jawab pemerintah provinsi. Namun berdasarkan kesepakatan  PU Sintang akan segera menangani mulai besok.

“Dinas PU Sintang  tidak dapat mengerjakan jalan ini secara total sebab jalan ini statusnya jalan provinsi,” Kata Murjani.

Berdasarkan keterangan warga, aksi ini sebagai tuntutan atas janji  gubernur kalbar yang segera akan memperbaiki jalan ini, namun sampai saat ini belum ada juga perbaikan jalan yang sudah dijanjikan gubernur.

Mereka menegaskan pagar akan dibuka apabila ada respon ataupun kesedian dari pemerintah atau dinas terkait untuk menemui warga dan bersedia memperbaiki jalan tersebut.

Aksi yang dilakukan massa dari Desa Simba Raya ini hanya memperbolehkan kendaraan roda dua dan ambulan saja, sementara kendaraan roda empat dan roda 6 enam tidak di perbolehkan lewat.

Jalan Simba  hingga ke arah 4 kecamatan kawasan perbatasan ini memang sudah lama rusak parah, pada musim penghujan banyak mobil yang amblas dan harus menginap di jalan.

Kerusakan jalan di perparah dengan banyaknya kendaraan perusahaan sawit  bermuatan berat melewati jalan ini. (Fik)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00