• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

98 WNI Dideportasi Lewat Entikong, 6 Diantaranya Balita

12 February
21:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Entikong : 98 WNI dipulangkan dari Malaysia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (12/2/2019). Dari 98 WNI tersebut, 6 diantaranya balita.

"Dan mereka ini semuanya ikut orang tuanya, karena orang tuanya bekerja di Malaysia," ungkap Konsul Imigrasi KJRI Kuching, Roni Fajar Purba, saat mendampingi pemulangan WNI di Entikong.

Puluhan WNI yang dipulangkan ini berasal dari Sulawesi Selatan, Jawa dan Kalimantan Barat yang terdiri dari 73 pria serta 25 perempuan. Dari jumlah tersebut 2 orang dalam kondisi sakit yang salah satunya diduga mengidap hepatitis.

Roni mengatakan WNI tersebut dipulangkan karena melanggar administrasi keimigrasian yang berlaku di negara Malaysia. WNI deportan itu dipulangkan dari Depo Imigresen Bekenu, Sarawak, Malaysia.

"Kami berikan pendampingan penuh terhadap para WNI ini dan kami berikan juga travel dokumen SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) bagi WNI yang tidak memiliki paspor," imbuhnya.

Setelah dilakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan di Entikong, hari ini juga puluhan WNI deportan itu diberangkatkan ke Pontianak untuk dipulangkan ke daerah asalnya oleh Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Entikong bersama Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat.

"Penanganan WNI deportan seperti biasa, kami data dulu di Entikong, kemudian ada pemeriksaan kesehatan juga. Selama didata disini kami berikan juga sosialisasi dan pembekalan tentang prosedur bekerja yang resmi di luar negeri," kata Viktor Fernando, Koordinator P4TKI Entikong.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00