• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

KPU Bandung Barat Tidak Siapkan TPS Khusus ODGJ

12 February
19:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padalarang : Tidak seperti Pemilu-pemilu sebelumnya, setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun keatas memiliki hak pilih dalam pesta demokrasi Pemilu 2019, tidak terkecuali Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ.

" Komisi Pemilihan Umum  Bandung Barat telah menetapkan 127 penyandang tuna grahita atau orang dengan gangguan jiwa dan keterbelakangan mental, dalam daftar pemilih tetap Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019," ungkap Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat Adie Saputro kepada  RRI   di Kantor KPU jalan Raya Purwakarta Tagog Apu Padalarang, Selasa (12/02/2019).

Menurut Adie, ODGJ masuk dalam kategori Tuna Grahita, jadi tidak hanya gangguan mental saja seperti Autis atau orang yang secara medis mengalami gangguan di otaknya.

"Berdasarkan regulasi KPU, orang yang diizinkan memilih tersebut adalah penyandang tuna grahita atau ODGJ. Hal itu sesuai PKPU nomor 11 tahun 2018, karena KPU mengklaim tuna grahita berbeda dengan orang yang memiliki penyakit jiwa parah atau yang lazim disebut orang gila," ujarnya.

Adie menyebutkan, penyandang tuna grahita diberi hak untuk memilih dalam pilpres dan pileg. Untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS mereka bisa dibantu oleh keluarganya ataupun petugas Kelompok Panitia Pemilihan Suara( KPPS)

Sementara secara keseluruhan penyandang disabilitas yang mendapatkan hak pilihnya di Kabupaten Bandung Barat sebanyak 1.229 orang, terdiri dari tuna daksa 308 orang, tuna rungu dan tuna wicara 246 orang, tuna grahita 127 dan disabilitas lainnya 372 orang.

Menyinggung masalah pemilihan bagi ODGJ yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat di Cisarua, Adi menjelaskan, pihaknya sudah menyambangi rumah sakit  tersebut untuk melakukan sosialisasi.

"Kami rasa tidak perlu ya buat TPS khusus bagi warga binaan atau penghuni RSJ, karena mereka datang silih berganti karena bila sudah sembuh kembali kepada keluarganya,"terangnya.

Paling tidak kata Adie, seperti Pemilu-pemilu sebelumnya, akan ada TPS mobile dari TPS yang ada disekitar rumah sakit, guna melayani karyawan rumah sakit atau keluarga pasien yang akan menyalurkan hak suaranya pada saat mereka sedang bertugas di rumah sakit.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00