• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Iran Dukung Komitmen Indonesia Prioritaskan Palestina di DK PBB

12 February
17:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Posisi Indonesia sebagai anggota tidak tetap di dewan keamanan PBB (DK PBB) periode 2019-2020, semakin mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai negara sahabat.

Termasuk baru-baru ini adalah Republik Islam Iran melalui duta besarnya di Jakarta.

Duta besar Republik Islam Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi, mengatakan, isu mengenai mendukung hak-hak rakyat Palestina yang menjadi salah satu prioritas Indonesia dalam menjalankan perannya di DK PBB, sepenuhnya mendapatkan dukungan dari Iran yang juga selama ini juga memiliki komitmen serupa.

“Saya telah membaca agenda yang telah diumumkan menlu RI, terkait tugas RI selama menjadi anggota non permanen di DK PBB salah satunya adalah mendukung hak-hak rakyat Palestina. Indonesia dan Iran adalah negara-negara yang mendukung hak-hak Palestina,” ujar Valiollah Mohammadi ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (12/2/2019). 

Menurut Valiollah, pihaknya optimis perwakilan Indonesia dan Iran akan berinteraksi dengan baik di PBB.

“Saling dukung telah terjadi antara kedua negara dan tentu kedua negara ini terus berlanjut.  Dan kebijakan kedua negara jelas saya rasa akan ada interaksi yang baik antar perwakilan kedua negara di PBB,” imbuhnya.

Valiollah menjelaskan, terlebih kedua negara memiliki kebijakan politik luar negeri yang serupa.

“Yaitu, mendukung masyarakat Palestina, kesatuan setiap negara, dan penyebaran perdamaian dan keamanan di berbagai belahan dan kawasan dunia,” ungkap Valiollah.

Pada bagian lain, Valiollah Mohammadi menyatakan bahwa hal lain yang diharapkan Iran terhadap posisi Indonesia di DK PBB adalah, sebagai negara berkembang Indonesia diharapkan mampu mendukung hak-hak negara berkembang serta mendukung kerjasama Selatan-Selatan.

“Kebijakan kedua belah pihak adalah serupa dan searah. Kami sangat menyadari Indonesia menerapkan sistem politik luar negeri Bebas dan Aktif dan semoga Indonesia sukses dalam menerapkan itu dipentas dunia. Kami berharap Indonesia Sebagai negara berkembang mendukung hak-hak negara berkembang dan mendukung kerjasama Selatan-Selatan. Kami anggap Indonesia sebagai perwakilan negara-negara berkembang,” terangnya.

Sementara, isu mengenai Palestina termasuk dalam salah satu dari 5 komitmen prioritas Indonesia selama menduduki posisi sebagai anggota tidak tetap DK PBB periode 2019 – 2020 atau yang disebut sebagai “4+1”.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00