• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Cegah Penyebaran DBD, Polisi Laksanakan 'Fogging'

12 February
17:29 2019
0 Votes (0)

KBRN Marabahan : Polres Batola beserta jajaran di bawahnya melakukan sosialisasi tentang bahayanya penyakit aedes aegypti yaitu penyebab penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), di kawasan Desa Pulau Alalak Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Selasa (12/2/2019) pukul 09.00 WITA.

Dikatakan oleh Kapolsek Berangas, Ipda Abdullah Akhsanun Ni'am, SH, bahwa mengingat belakangan ini cuaca di Kabupaten Batola, sudah memasuki musim penghujan dimana situasi ini memungkinkan berkembangbiaknya aedes aegypti yaitu penyebab penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Oleh sebab itu, langsung diperintahkan khususnya anggota Bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikan tentang bahaya nyamuk aedes aegypti dan kebersihan lingkungan," ungkap Ipda Abdullah Akhsanum.

Setelah dilakukan sosialisasi kewarga Khususnya Desa Pulau Alalak dan ditemukan 2 orang terinfeksi positif DBD kemudian Bhabinkamtibmas berkoordinasi dengan Urkes (Urusan Kesehatan) Polres Batola, untuk melaksanakan penyemprotan dengan pengasapan/Fogging di Desa Pulau Alalak Kecamatan Alalak Kabupaten Batola.

Kegiatan tersebut langsung dipelopori oleh Bhabinkamtibmas Pulau Alalak Polsek Berangas, Brigadir Agil Eriyadi, melakukan pengasapan dilaksanakan di Desa Pulau Alalak RT 7 Depan Kantor Desa Pulau Alalak Kecamatan Alalak Kabupaten Batola, dimana sebelumnya menemui Korban DBD terlebih dahulu dan menanyakan kondisi korban.

Pelaksana tugas Urkes Polres Batola, Brigadir Erwin PS, mengatakan pengasapan (fogging) dilakukan mengantisipasi adanya munculnya perkembangbiakan nyamuk aedes aegpty, di musim hujan seperti ini berkembang biaknya nyamuk sangat cepat.

Berasal dari tempat penampungan air dan di tempat barang bekas yang terdapat genangan air, semua sudut kami asapi di titik yang mudah bersarang nyamuk,” kata Brigadir Erwin PS yang merupakan alumni Keperawatan angkatan 2007 di Poltekkes Banjarbaru.

Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas juga mensosialisasikan tentang cara pemberantasan penyakit DBD dengan gerakan 4M plus, yakni menguras dan menutup wadah air serta bak mandi, mengubur barang bekas yang dapat menampung air, memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk, menggunakan obat nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, dan lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00