• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Bea Cukai Permudah Arus Barang di Indonesia

12 February
17:20 2019
1 Votes (2)

KBRN, Pekanbaru : Direktorat Kenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerapkan manifest generasi tiga sebagai salah satu inovasi dalam rangka mempermudah kelancaran arus barang di Indonesia.

Sebagai salah satu inovasi dalam rangka mempermudah kelancaran arus barang di Indonesia, merupakan versi paling mutakhir yang mengedepankan prinsip otomasi dan simplifikasi sejalan dengan agenda program reformasi kepabeanan dan cukai.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Kantor Wilayah DJBC Riau, Hartono, Selasa (12/2/2019).

Dia beberapa prinsip yang diusung dalam Manifest Generasil III di antaranya Advance Manifest System 24 jam sebelum kedatangan untuk sarana pengangkut laut sehingga customs clearance bisa dilakukan lebih cepat.

"Sistem ini juga mencakup penambahan non-vessel operating common carrier (NVOCC) dan penyelenggara pos agar pengajuan manifest dapat lebih cepat oleh masing-masing penerbit dokumen," ungkapnya.

Bea Cukai juga menerapkan prinsip manajemen risiko perubahan manifest di mana perubahan dapat dilakukan secara online dan tidak semua perubahan wajib persetujuan Kepala Kantor, kewajiban pencantuman Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), serta otomasi penutupan pos manifest.

Penerapan Manifest Generasi III telah dilakukan secara bertahap dimulai pada tanggal 28 Desember 2017 di Kantor Pabean di Jakarta. Sampai dengan Agustus 2018, sistem ini telah diterapkan secara bertahap pada 12 Kantor Pabean utama di seluruh Indonesia yang meliputi 6 pelabuhan dan 7 bandara utama dimana secara statistik mewakili Iebih dari 80 persen volume impor dan ekspor nasionaI.

“Pada tanggal 26 September 2018, sistem Manifest Generasi Ill diberlakukan di seluruh pelabuhan dan bandara internasional yang diawasi oleh 104 Kantor Pabean di seluruh Indonesia,” tambahnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00