• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

OJK Minta Media Ikut Berperan Cerdaskan Masyarakat tentang LJK

12 February
16:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandar Lampung : Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung berharap media berperan dalam memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat terkait dengan industri jasa keuangan dan produk-produknya.

Kepala OJK Provinsi Lampung, Indra Krisna, Selasa(12/2/2019), mengatakan, tingkat literasi masyarakat Indonesia pada tahun ini berdasarkan Perpres No. 82 tahun 2016 ditargetkan diatas 75%, sementara survey OJK tahun 2017 menunjukkan untuk nasional baru diangka 67% sedangkan untuk Lampung sudah 69%, tetapi untuk inklusinya masih diangka 29% yang artinya masih banyak masyarakat yang belum mengerti apa itu Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan produk-produknya.

Meskipun angka inklusi masih sangat kecil dikatakan Indra, namun sudah banyak masyarakat yang beriteraksi dengan produk-produk LJK yang dapat menimbulkan permasalahan dikemudian hari karena ketidakpahaman masyarakat.

Untuk itu menurut Kepala OJK Provinsi Lampung tersebut, peran media sangat penting dalam memberikan pemahaman yang cukup dan pengertian yang memadai kepada masyarakat agar dapat memilih dan memilah produk LJK yang ditawarkan, selain dari upaya-upaya yang telah dilakukan OJK sendiri.

"Jadi harapan kami, bersama-sama kita mencerdaskan masyarakat khususnya masyarakat Lampung, karena tingkat literasi pada tahun ini berdasarkan Perpres No. 82 tahun 2016 ditargetkan diatas 75%, sementara survey OJK tahun 2017 menunjukkan untuk nasional baru diangka 67%, sedangkan untuk Lampung sudah 69%, tetapi untuk inklusinya masih diangka 29%," ujar Indra Krisna.

Lebih lanjut dikatakan, akan banyak masyarakat mengadu kedepannya jika belum memahami produk-produk jasa keuangan dan masyarakat akan dirugikan jika tidak mengerti keunggulan dan resikonya, karena secara ekonomi tidak ada keuntungan yang tinggi dengan resiko yang rendah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00