• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Rektor UNSA: Kepedulian Sosial Perguruan Tinggi Masih Ditunggu Masyarakat.

12 February
16:36 2019
1 Votes (5)

KBRN Surakarta : Mengelola Universitas saat ini tentu sangat berbeda dengan era sebelumnya, karena tantangan bangsa juga mengalami perubahan.

Demikian disampaikan Rektor Universitas Surakarta Dr. Arya Surendra kepada wartawan hari ini (Selasa 12/2/2019)  terkait Program Kerja Rektor periode 2019-2023.

Dikatakan, Universitas Surakarta yang baru melakukan restrukturisasi organisasi,  dalam perannya berkontribusi pada pembangunan bangsa bidang pendidikan tinggi, telah menyiapkan 3 pilar pokok program kerja, di antaranya meningkatkan reputasi akademik, mempercepat transformasi organisasi dan meningkatkan kepedulian sosial.

Menurutnya, peningkatan reputasi akademik dapat dibuktikan dari outcome lulusan, sedangkan percepatan transformasi organisasi untuk menyikapi perkembangan revolusi industri 4.0.

Selain itu, menurutnya, kepedulian sosial masih sangat diperlukan, karena kontribusi Perguruan Tinggi masih ditunggu masyarakat.

"Menurut saya percuma kampus ini melahirkan profesor, melahirkan doktor, melahirkan berbagai penelitian pada jurnal terindeks scopus, tetapi tidak ada kontribusinya untuk masyarakat, petani kita masih menggunakan cara begitu saja, pedagang kita masih masalahnya begitu saja, ini adalah salah satu tugas Perguruan Tinggi mengatasi dan melibatkan kehidupan bangsa ini," tegasnya.

Arya Surendra yang dilantik sebagai Rektor UNSA pada 4 Februari 2019 lalu menggantikan Rektor  Prof Setiono, juga menyatakan, Universitasnya sebagai kampus berbasis kewirausahaan akan mengembangkan inkubasi wirausaha baru.

Sementara Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta Astrid Widayani menyatakan, pihaknya akan terus mengawal pengembangan Perguruan Tinggi baik bidang akademik, maupun sarana prasarana yang diperlukan. Bahkan pihaknya telah menyiapkan infrastruktur untuk menghadapi tantangan perkembangan metode pembelajaran e-learning, sehingga lulusan siap menghadapi era industri 4.0.

Rektor UNSA periode 2019-2023 Arya Surendra didampingi Wakil Rektor I Djoko Sutanto, Wakil Rektor II Suradi dan Wakil Rektor III Agus Setyawan dan 5 Dekan Fakultas Hukum, FISIP, Sastra dan Bahasa, Fakultas Teknik, Ekonomi dan Program Pasca Sarjana.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00