• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dua Pekan Terakhir Nias Diguncang 17 Kali Gempa

12 February
16:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Selama bulan Februari 2019 tercatat 17 kali gempa tektonik terjadi di wilayah Kepulauan Nias. Satu diantaranya berkekuatan cukup besar dengan magnitudo 5,4 SR pada tanggal 5 Februari di kabupaten Nias Selatan.

Randy Sitorus Pane Observer Stasiun Geofisika Gunungsitoli mengatakan dari 17 kali gempa tersebut, setelah terjadi gempa yang cukup kuat setelahnya terjadi 14 kali gempa susulan yang magnitudonya semakin mengecil.

“Tidak usah cemas karena magnitudonya semakin kecil. Terakhir terpantau oleh BMKG yakni  gempa berkekuatan 2,5 SR pada tanggal 11 Februari 2019 dengan pusat gempa di Kota Gunungsitoli,” jelas Randy, Selasa (12/02/2019).

Ada beberapa factor, lanjut Randy, mengapa gempa tidak dirasakan oleh seluruh masyarakat saat terjadi seperti faktor kekuatan gempa. Dengan semakin besar magnitudo gempa maka semakin terasa getarannya.

Selain itu, faktor jenis tanah, jika jenis tanah di suatu daerah lunak maka kemungkinan merasakan gempa semakin kuat, sebaliknya jika tanahnya keras atau berbatu-batu maka kecil merasakan getaran gempa.

“Faktor ketiga adalah jarak dengan pusat gempa. Semakin dekat dengan pusat gempa maka akan terasa lebih besar getara gempa yang terjadi,” jelasnya.

Untuk wilayah Kepulauan Nias, kabupaten Nias Selatan dan Nias Barat daerah yang sering mengalami gempa, hal ini menurut Randy disebabkan karena pergerakan lempeng masih terlalu kuat sehingga batuan yang menerima tekanan itu tidak kuat hingga akhirnya pecah dan menyebabkan gempa bumi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00