• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Presiden MInta Mendikbud Tambah Guru Produktif

12 February
16:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Depok : Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) tahun 2019 di Pusdiklat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bojong Sari, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/02/2019).

Dalam arahannya, Kepala Negara meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk terus meningkatkan pendidikan vokasi.

Khusus untuk guru, Presiden Jokowi juga meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk memperbanyak guru produktif dibandingkan guru normatif. Menurut Jokowi, saat ini persentase jumlah guru terampil baru sekitar 35 persen, dibanding guru normatif sebesar 65 persen.

“Yang 35 persen ini tugas Kementerian, tugas Bapak Ibu untuk mengupgrae agar guru-guru prodduktif lebih banyak, guru produktif istilahnya adalah guru terampil,” kata Jokowi. 

Kepala Negara juga menekankan pentingnya penambahan jumlah guru terampil harus dilakukan agar sejalan dengan fokus pembangunan pemerintah dalam membangun sumber daya manusia (SDM). Jokowi ingin SDM Indonesia memiliki keahlian serta keterampilan agar mampu bersaing dengan negara lain.

“Kita juga harus mengenalkan kepada anak di mana ini sudah zamannya Revolusi Industri 4.0, kita harus memberikan pelajaran yang berkaitan dengan digitalisasi, bahasa codding, dan kedepan hal itu sangat penting sekali, mulai dikenalkan karena ini kesempatan, apalagi kalau kita bisa melompati negara lain, inilah kesempatan kita,” tegas Jokowi. 

Sementara itu, dalam laporannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 diharapkan memperkuat sinergi pusat dan daerah dalam meningkatkan pendidikan dan kebudayaan.

“Kami berharap ada bahan masukan yang bisa menjadi landasan untuk merumuskan kebijakan taktis 2019 dan 2020,” kata Muhadjir.

Kegiatan ini, kata Muhadjir, melibatkan seluruh unsur pendidikan, mulai dari kepala dinas pendidikan daerah, ketua dewan kesenian provinsi, hingga ketua pengurus besar organisasi guru.

Tahun 2019 ini penyelenggaraan RNPK mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Melalui  tema ini, diharapkan seluruh peserta yang terdiri dari semua pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan dapat bersinergi dalam membuat strategi ke depan dalam menyukseskan program-program untuk  mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan.



tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00