• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

NTT Masih Dipercaya Jadi Penyelenggara Aqua Danone Cup Seri Provinsi 2019

12 February
15:15 2019
2 Votes (5)

KBRN, Kupang : Nusa Tenggara Timur kembali dipercaya menyelenggarakan Aqua Danone Nation Cup U-12 Seri Provinsi yang akan berlangsung pada 06-07 April 2019 di Kupang.

Koordinator Aqua Danone Nation Cup U-12 Tahun 2019 Provinsi NTT Sipri Seko kepada RRI di Kupang menjelaskan, keputusan Management Aqua Danone Cup menetapkan Provinsi NTT menjadi satu region merupakan sebuah perjuangan keras, dan berkat dukungan Penggerak Olahraga di Daerah Perbatasan, Farry Francis, selaku ketua Sport Inteligen PSSI Pusat.

Menurut Sipri Seko, seluruh persyaratan peserta Aqua Danone Nation Cup 2019 semakin ketat dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu diantaranya adalah, proses pendaftaran pemain dilakukan secara online dan hanya dua daerah yang ditetapkan sebagai lokasi penyelenggaraan seri Kabupaten-Kota yakni, di Kupang dan Kabupaten Belu. Adapun syarat pemaian harus kelahiran Tahun 2007, melampirkan foto kopi akte kelahiran, kartu keluarga, raport terakhir, dan pas foto.

“Tahun ini NTT kembali dipercaya menjadi salah satu region untuk penyelenggaraan aqua danone nation cup 2019. Dan sampai saat ini tercatat sudah 70-an tim sudah mendaftar mengikuti kualifikasi. Hanya kita harapkan mereka dapat mempersiapkan persyaratan pemain secara baik, karena system pendaftaran tahun dilakukan secara online. Dan semua nama pemain akan terintegrasi secara online di panitia pusat, sehingga kita harapkan Pembina klub tidak memanipulasi data pemain, karena jika tidak benar maka server secera otomatis akan menolak. Sebab setiap anak sudah diketahui usianya melalui NIK yang dimiliki,” ujar Koordinator Aqua Danone Nation Cup 2019 Region NTT, Sipri Seko di Kupang, Selasa (12/02/2019).

Sementara itu, terkait penetapan NTT sebagai penyelenggara Aqua Danone Nation Cup 2019, Pelaku olahraga Abdul Muis mengatakan, kepercayaan tersebut sangat bermakna karena hampir saja NTT tidak lagi ditetapkan menjadi region tersendiri.

Sehingga pihaknya berharap, semua kluc dan SSB atau Akademi sepakbola usia dini dapat memanfaatkan peluang tersebut sebagai ajang mengukur prestasi pemainnya.

“Ini sebuah kegembiraan kita. Karena pada awalnya memang juga kita mendapat informasi kita bakal tidak dikasih kuota lagi. Tetapi atas sumbangsi dan komunikasi pa Fary Francis, akhirnya kita NTT kembali ditetapkan menjadi satu region tersendiri. Untuk itu saya harapkan para pemimpin klub atau SSB memanfaatkan momentum ini untuk mengasah dan menguji kemampuan anak binaanya di klub atau Sekolah Sepak Bola,” tutur Abdul Muis ketika dimintai tanggapannnya di Kota Kupang, Selasa (12/02/2019).

Target tim yang bertanding dari seri Kabupaten-Kota hingga seri Provinsi sebanyak 100 tim.

Hingga saat ini, Selasa (12/02/2019) sudah tercatat 75 tim yang akan mengikuti kualifikasi seri Kabupaten-Kota di dua zona yakni, Kota Kupang dan Kabupaten Belu.

Dari 75 tim tersebut, akan terseleksi 48 Tim untuk bermain diseri Provinsi pada 06-07 April 2019, di Stadion Merdeka Kupang.

Sementara itu, terkait pelaksanaan Aqua Danone Nation Cup setiap tahun di Nusa Tenggara Timur, Pemilik Sekolah Sepak Bola atau SSB Tunas Muda Kota Kupang Antonius Kia memberi apresiasi kepada Managemen dan Panitia penyelenggara di NTT, yang terus berjuang agar event tahunan berjenjang ini tetap terselenggara.

Menurut Anton Kia, Aqua Danone Cup merupakan salah satu wadah yang sangat bermanfaat bagi pemilik klub maupun SSB dan Akademi Sepak Bola.

Karena proses pelatihan tanpa kompetisi, maka sia-sia pembinaan dan pelatihan yang dilakukan klub, SSB maupun Akademi Sepak Bola.

Oleh karena itu, menyambut penyelenggaraan Aqua Danone Nation Cup U-12 Tahun 2019, SSB Tunas Muda Kupang telah menyiapkan satu tim untuk mengikuti event tahunan berjenjang ini, hingga ke level internasional.

Selain SSB Tunas Muda Kupang, sejumlah SSB yang tercatat rutin mengikuti Aqua Danone Nation Cup adalah, Bali United Kristal Kupang, Camar Lasiana Kupang FC, Sikumana Putera Kupang, Aerotek Kupang, SSB Soe Generation-TTS, SSB Bintang Timur Atambua, Alor United, dan SSB BMU Alor.

Dapat diketahui bahwa, Turnamen Aqua Danone Nations Cup regional NTT perdana dilaksanakan pada tahun 2018.

Saat itu, sebanyak 38 tim sepak bola usia 12 dari berbagai Kota Kabupaten berlaga dalam turnamen selama dua hari sejak 17-18 Meret 2018.

Yang menjuarai saat itu adalah, Laskar Bintang Timur Atambua,  setelah dalam partai final di Lapangan Polda NTT berhasil menumbangkan lawan tim SSB BMU Alor dengan skor tipis 2-1. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00