• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Walikota Batu Ajak Masyarakat Gunakan Kain Khas Daerah

12 February
14:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Batu : Walikota Batu  Dewanti Rumpoko mengajak Komunitas Cinta Berkain  (KCB) khususnya Malang Raya dan masyarakat pada umumnya untuk memakai kain karya daerah sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk melestarikan dan mempromosikan budaya bangsa. 

Di sela-sela acara Hari Ulang Tahun (HUT) Komunitas Cinta Berkain(KCB) ke-3 Malang Raya yang berlangsung, Selasa (12/2/2019) di Golden Tulip Resort, Kota Batu, Dewanti juga menyatakan bahwa dibentuknya komunitas ini adalah suatu gerakan moral untuk mengajak masyarakat cinta terhadap tanah air melalui gerakan berbusana dengan mengenakan produk dalam negeri dalam kegiatan sehari-hari.

“Saya mengajak komunitas ini selalu mempromosikan produk karya sendiri kain hasil karya sendiri, setidaknya kita selalu menggunakan pakian budaya bangsa sendiri,” kata Dewanti

Ia juga menyebut bawah masyarakat Indonesia dalam hal berkain khas Daerah dan produk  masih rendah. Artinya masyarakat yang berpakian dengan nilai budaya bangsa sendiri masih  belum maksimal, banyak yang ketertarikan pada budaya  bangsa lain.  

Sementara itu, Ketua Umum Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Pusat, Sita Hanimastuti Agustanzil  berharap dengan acara HUT KCB ke 3 Malang raya  ini  mndapatkan hasil yang maksimal dan menarik sekali banyak potensi  yang harus digali.

“Karena misi kita KCB yaitu hanya bersama-sama meningkatkan potensi bangsa melalui tenaga dari ibu-ibu, maka perlu karya berkain khas daerah perlu ditingkatkan,” jelasnya. 

Menurutnya,  Peningkatan dalam berbusana adalah sama Dengan  mengenakan kain yang hasil karya daerah saja  sudah mewakili budayatermasuk budaya moral.

“Itu saja ada banyak kain. Setiap daerah punya ciri khasnya, tapi ada kesamaan pemakian, perbedaaan itu hanya pada motif dan bahan  Itu tergantung culture daerah masing-masing,” jelas Sita.

Ia juga contohkan seperti sarung, dari Sumatra sampai Nusa Tenggara Timur cara memakaiannya sama, hanya yang bisa membedakan adalah warna dan motif. 

Dalam HUT KCB Malang Raya juga dilakukan MoU kerja sama dalam pengembangan cinta berkain antara KCBI Pusat,  KCB Malang Raya dan RRI Malang. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00