• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Program KRPL Dukung Upaya Pemerintah Atasi Persoalan Stunting di Belu

12 February
13:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Atambua : Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) sebagai upaya Pemerintah bagaimana memperkuat basis ketahanan pangan masyarakat di tingkat Desa Kabupaten Belu.

Pelaksanaan program yang sudah berjalan sejak tahun 2018 lalu, dengan cakupan kegiatan lebih pada pemberdayaan kelompok wanita tani. Pemberdayaan kelompok wanita tani denhan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan tanam, untuk semua jenis tanaman yang bernilai gizi untuk konsumsi keluarga.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Belu Sabina Mau Taek mengatakan, program pemberdayaan wanita tani di Belu juga sebagai upaya mendukung Pemerintah dalam mengatasi persoalan Stunting, kondisi tinggi badan seseorang jauh lebih pendek, dimana saat ini menjadi program Nasional.

"Untuk mengatasi Stunting termasuk KRPL ini, program peruntukan kelompok tani di Desa memanfaatkan pekarangan rumah. Ya menanam berbagai jenis tanaman bernilai gizi keluarga. ini kan dukung Pemerintah atasi Stunting," Jelas Sabina, Selasa (12/2/2019).

Program yang sudah berjalan sejak tahun 2018 lalu, terdapat suport dana Pemerintah pusat senilai Rp.50.000.000 pengelolaan 6 kelompok wanita tani di Belu, sementara untuk tahun 2019 masih dalam wacana 10 Desa sasaran program.

"Suport dana APBN perkelompok Rp.50.000.000 tetapi belum ada informasi untuk tahun 2019, mereka sudah minta data seperti itu," Terangnya.

Selain berbagai jenis tanaman sayuran, kacang-kacangan ditanam memanfaatkan pekarangan rumah, program KRPL di sejumlah Desa di perbatasan Atambua Belu, juga terdapat kolam pemeliharaan ikan serta beternak ayam, kesemuanya usaha kelompok wanita tani untuk memenuhi konsumsi pangan bergizi keluarga.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00