• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

ODGJ yang Sempat Viral di Cianjur kini Sudah ditangani

12 February
10:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sempat viral di media sosial, Penyandang orang dengan ganguan jiwa (ODGJ) di Cianjur, ialah Bakrie yang sehari-harinya mengemis dan memungut makanan di sampah lalu di masak kembali menjadi perbincangan di masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari Sekjen Cianjur Aktivis Independen, Sodikin yang sempat di hubungi Pro3 RRI, Bakrie mempunyai istri yang normal namun juga menjadi ODGJ beserta anaknya. Dari respon masyarakat, banyak yang iba ada juga sebagian relawan ada yang memberikan beberapa sumbangan, Bakrie dan keluarganya juga sempat di bawa oleh teman-teman aktivis Cianjur dan di rawat di rehabilitas panti di daerah Sukabumi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Kab. Cianjur, Mutawali mengatakan keluarga Bakrie termasuk dari keluarga miskin, pihaknya sudah membantu untuk mendapatkan program bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bansos Rastra.

"Kita bantu juga BPJS, KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan kelengkapan adminsistrasinya juga mulai dari KTP, KK kita cek sudah ada," ungkapnya kepada Pro3 RRI, Selasa (12/2/2019).

"Sebetulnya sebelum terjadi viral itu, kita sudah melakukan langkah-langkah penanganannya karena dia itu termasuk juga orang gangguan mental, petugas kami slalu monitor di desa itu ada tenaga kerja sosial kecamatan, dan di tangani oleh petugas kami pekerja sosial," lanjutnya.

Menurut Mutawali keluarga Bakrie itu hidupnya slalu menyendiri dan tidak bersosialisasi kepada masyarakat.

"Makanya atas saran kita waktu rapat dengan RW, rumahnya dibangun tapi tidak disitu, tapi di pindahkan supaya dia sosialisasi dengan masyarakat," katanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00