• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cerdaskan Siswa di Perbatasan, Ini Kiat Yonif Mekanis 741/GN

12 February
11:01 2019
3 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara yang bermarkas di Negara, Kabupaten Jembrana, sejak pertengahan Nopember 2018 lalu, mendapat kepercayaan sekaligus kehormatan dari negara untuk mengemban tugas operasi pengaman perbatasan RI-RDTL.

Dalam pelaksanaan operasi tersebut Yonif Mekanis 741/GN ditugaskan sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat yang mewilayahi Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal ini disampaikan Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P, di Makodam IX/Udayana, Selasa (12/2/2019). 

Kapendam menyampaikan tugas operasi Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN dibawah kepemimpinan Danyon Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos,.M.M.,M.I.Pol, selaku Dansatgas, adalah melaksanakan pengamanan di wilayah perbatasan sektor barat melalui patroli darat. Langkah itu untuk mencegah terjadinya pelanggaran pelintas batas dan penyelundupan di perbatasan Indonesia-Timor Leste. 

Disamping itu Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN juga membantu kesulitas masyarakat melalui pembinaan teritorial di Kabupaten Timor Tengah Utara. Pembinaan teritorial tersebut, diimplementasikan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN melalui berbagai kegiatan yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat.

Salah satunya dalam kiat mencerdaskan anak bangsa sebagai generasi penerus dengan mengadakan pelayanan Perpustakaan Keliling ke sekolah-sekolah di perbatasan. Perpustakaan keliling itu menurut Kapendam sudah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Eban yang berada di Desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara. 

"Kegiatan Perpustakaan Keliling ini mendapat sambutan baik dari para guru dan antusias yang tinggi dari para siswa, mereka mengatakan kegiatan ini merupakan terobosan baru yang sangat bermanfaat dalam membantu proses pembelajaran para peserta didik terutama dalam pengembangan ilmu pengetahuan, dengan membaca banyak buku yang disediakan dalam Perpustakaan Keliling  pengetahuan dan wawasan peserta didik akan semakin berkembang," ungkapnya. 

"Disamping itu talenta para petugas Perpustakaan Keliling yang datang ke sekolah begitu ramah dan simpatik juga dapat menarik simpati dan membangkitkan minat baca para peserta didik untuk terus membaca dengan saling menukar buku yang ada karena banyak buku-buku  menarik yang dikoleksi dalam Perpustakaan Keliling," imbuhnya. 

Kegiatan Perpustakaan Keliling ini merupakan salah satu program bagi para peserta didik di perbatasan. Berbagai cara dilakukan untuk menggugah para peserta didik agar berprestasi.

"Pembelajaran diseluruh sekolah sekitar Pos Satgas juga sudah dilakukan dan termasuk juga memberikan pelajaran membaca kepada para manula yang buta huruf, dengan prinsip tidak ada kata terlambat untuk belajar," pungkas Kapendam IX/Udayana. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00