• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Masuki 40 Tahun Revolusi, Iran Targetkan Peningkatan Kualitas di 4 Bidang

12 February
01:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Suara merdu para penyanyi yang tergabung dalam kelompok paduan suara menyanyikan lagu "Bungo Jeumpa" asal Aceh, menambah hikmat perayaan peringatan 40 tahun revolusi Republik Islam Iran, diselenggarakan oleh kedutaan besarnya di Jakarta, Senin malam (11/2/2019).

Sejumlah tokoh negara tampak menghadiri perhelatan tersebut, seperti menteri koordinator perekonomian, Darmin Nasution, menteri komunikasi dan informatika, Rudiantara serta ketua dewan perwakilan daerah (DPD RI), Oesman Sapta Odang.

Peringatan 40 tahun revolusi Republik Islam Iran juga menandai peringatan hubungan diplomatik Indonesia-Iran ke 69 tahun ini.

Duta besar Republik Islam Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi, mengatakan, bagi Iran peringatan 40 tahun revolusi juga sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas disejumlah sektor prioritas, termasuk untuk memperkuat kerjasama dengan negara lain.

"Ekspansi dan pengembangan seluruh bidang yang komprehensif menjadi target dan prioritas Iran. Ada beberapa bidang yang kami pilih sebagai unggulan,"ungkap Valiollah Mohammadi disela-sela peringatan 40 tahun revolusi Republik Islam Iran, Senin malam (11/2/2019),di Jakarta.

Valiollah memaparkan setidaknya ada 4 area prioritas yang menjadi target, diantaranya sektor keamanan pangan, kesehatan, pendidikan serta keamanan dan pertahanan.

"Dibidang keamanan pangan kita harus terus-menerus berinvestasi dan fokus di sana. Terjadi swasembada terhadap berbagai komoditas pangan khususnya gandum. Sekarang kami sudah bisa ekspor gandum, padahal sebelum revolusi kami termasuk pengimpor gandum. Kemudian dibidang kesehatan, Iran telah melakukan banyak hal dan sekarang kami memperkenalkan wisata kesehatan. Banyak sekali pengunjung dari negara asing datang ke Iran untuk berobat. Selanjutnya adalah pendidikan serta keamanan dan pertahanan,"jelasnya.

Terkait komitmen untuk meningkatkan hubungan baik dengan Indonesia, Valiollah Mohammadi menyatakan, ekonomi dan perdagangan merupakan prioritas bagi peningkatan hubungan oleh kedua negara.

"Kami menilai ini dapat mendorong tercapainya peningkatan volume perdagangan, yang telah diperoleh baik beberapa tahun terakhir,"imbuhnya.

Valiollah menambahkan kedua negara juga berencana untuk menyelenggarakan komisi bersama untuk kerjasama.

"Serta kami juga menargetkan penyelenggaraan berbagai working group diberbagai bidang beberapa bulan kedepan,"terang Valiollah Mohammadi. 

Vailollah turut menyebut Iran juga menargetkan adanya penguatan dibidang pariwisata.

"Ketika masyarakat dari dua negara saling mengunjungi, itu akan membuat mereka mengenal kemampuan satu sama lain. Dimana kedepannya bisa dimaksimalkan,"tutupnya.

Sementara, peringatan 40 revolusi Republik Islam Iran di salah satu hotel dibilangan Jakarta, Senin malam juga turut dimeriahkan dengan sajian makanan khas negera yang dipimpin oleh Hassan Rouhani itu.

Selain, pada 16 Februari 2019 juga akan diselenggarakan pameran seni dan budaya Iran bertempat di Taman Ismail Marzuki dan terbuka untuk umum.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00