• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Seekor Orangutan di Aceh Selatan Diserahkan ke BKSDA

12 February
00:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tapaktuan : Seekor orangutan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh oleh masyarakat di Desa Blang Gelanggang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh. Hewan dilindungi ini diserahkan untuk direhabilitasi. 

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan, penyerahan orangutan tersebut difasilitasi oleh Koramil 04 Sawang, Aceh Selatan. 

"BKSDA Aceh bersama mitra Orangutan Information Center (OIC) telah mengevakuasi satu individu orangutan Sumatera (Pongo Abelii) yang dipelihara oleh warga," kata Sapto, Senin (11/2/2019). 

Sapto menjelaskan, orangutan tersebut berjenis kelamin jantan dan berusia sekitar empat tahun. Kemudian orangutan tersebut dibawa ke pusat rehabilitasi. 

"Orangutan itu berusia sekitar 4 tahun selanjutnya dibawa ke pusat rehabilitasi orangutan Sumatera di Sibolangit, Sumut, untuk menjalani rehabilitasi," ungkapnya. 

Sapto mengungkapkan, memelihara satwa dilindungi secara bebas merupakan pelanggaran hukum sehingga masyarakat diminta untuk melepasliarkan atau menyerahkan kepada BKSDA untuk direhabilitasi. 

Menurut data BKSDA, sepanjang lima tahun terakhir, sebanyak 40 satwa orangutan telah disita dari masyarakat dan dilepasliarkan.

Jumlah populasi orangutan di Aceh kian menyusut seiring banyaknya kasus perburuan satwa liar dan konflik dengan manusia. Populasi orangutan di Sumatera hingga kini diperkirakan mencapai 13 ribu individu. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00