• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Merapi Luncurkan Awan Panas

11 February
23:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Luncuran awan panas dari puncak Gunung Merapi terjadi kembali pada Senin, (11/2/2019) sekitar pukul 09.00 WIB. Tetapi kejadian tersebut tidak membuat kepanikan warga yang ada di kawasan rawan bencana KRB III dan mereka tetap melakukan aktivitsnya seperti biasa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapan BPBD Klaten, Nur Tjahjono mengakui, telah terjadi luncuran awan panas tetapi belum membahayakan warga.

“Memang tadi ada laporan awan panas seperti yang terjadi sebelumnya. Adanya awan panas ini kan akibat pertumbuhan kubah lava setiap harinya yang menjadikan adanya guguran. Apalagi ini memang sudah diprediksi oleh BPPTKG sendiri,” terangnya kepada wartawan.

Dijelaskannya, data dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyebutkan, luncuran  awan panas tepat terjadi pada pukul 08.58 WIB.

Jarak luncuran mencapai 400 meter dengan durasi 105 detik yang mengarah ke Kali Gendol, Jogja,” lanjutnya.

Ia berharap warga yang berada di KRB III, yang meliputi Desa Balerante, Tegalmulyo dan Desa Sidorejo agar tetap meningkatkan kewaspadaan karena Merapi  sulit  untuk diprediksi.

Sementara itu, Kaur Perencanaan Desa Balerante, Jainu mengatakan, meskipun Merapi sering mengeluarkan awan panas, warga tetap melakukan aktivitas seperti biasa yakni mencari rumput, mencangkul, berkebun, dan menambang pasir.

“Sampai saat ini masyarakat masih tenang,  tidak menunjukkan kepanikan, namun demikian  masyarakat tetap dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan,” jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00