• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

AFP Jateng Gelar Pelatihan Pelatih Level 1 AFC Di Kota Purwokerto

11 February
23:08 2019
2 Votes (5)

KBRN, Purwokerto : Dalam rangka memunculkan pelatih-pelatih futsal bertaraf internasional yang nantinya akan membina atlet-atlet yang handal di tanah air terlebih khusus di Jawa Tengah,  Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jateng menyelenggarakan pelatihan pelatih level 1 Asian Football Confederation (AFC).

Kegiatan pelatihan pelatih level 1 AFC itu sendiri digelar di kota Purwokerto dari 11 sampai 16 Pebruari 2019 di Meotel Purwokerto dan Score Futsal Stadium Dukuhwaluh, Purwokerto.

Pelatihan pelatih tersebut diikuti oleh 20 peserta dari berbagai kabupaten / kota  di pulau Jawa yaitu Jakarta, Bekasi, Depok, Bandung, Tegal, Semarang, Sukoharjo, Surabaya, Jember, Ponorogo, Malang, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dan satu-satunya peserta terjauh berasal dari Jepang atas nama Kensuke Takahashi.

Ketua AFP Jateng Muhammad C. Maretan menjelaskan, digelarnya kegiatan pelatihan pelatih level 1 AFC di kota Purwokerto karena kota itu dinilai sukses sebagai tempat penyelenggaraan AFC Cup.

‘’Kebetulan karena kemarin kami adakan AFC Cup juga di Banyumas dan animonya juga luar biasa, walaupun ini beda kalau ini kan pelatihan khusus pelatihan pelatih namun untuk bagaimana harus di Banyumas tidak harus sebetulnya,’’ terangnya kepada RRI disela-sela kegiatan pelatihan di Purwokerto, Senin (11/2/2019) malam.

Sementara itu, Executive Committee bidang pengembangan SDM AFP Jateng, HM Tursino mengatakan, untuk bisa berkiprah di tingkat nasional khususnya di Liga Pro, pelatih-pelatih di Jawa Tengah yang kebanyakan masih level 1 nasional harus memiliki level 1 dan 2 AFC.

’’Setelah nasional makanya kita ada pelatihan untuk level one, nanti di liga juga yang dipakai adalah pelatih level one dan level two. Level nasional kalau di liga pro tidak dipakai. Dan mudah-mudahan dengan adanya ini semakin banyak pelatih dari jawa tengah yang bisa berkiprah di nasional," ungkap pemilik klub SKN Kebumen FC itu.

Selama pelatihan, para peserta akan diberikan materi baik di kelas maupun di lapangan oleh dua instruktur asal Jakarta yaitu Andri Irawan dan Efren.

''Materinya nanti dari instruktur ada lapangan dan juga dari kelas. fifty-fifty," imbuh Tursino.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00