• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tujuh Warga di Nabire Terserang Demam Berdarah Dengue

11 February
21:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Nabire : Tujuh warga masyarakat di Kabupaten Nabire papua terinfeksi Demam Berdarah  Dengue (DBD). Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, mencatat 7 kasus DBD tersebut menyerang warga di dua distrik yaitu Nabire Kota dan Nabire Barat yang dilaporkan langsung dari puskesmas yang menangani langsung pasien tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Dr Frans Sayori, M.Kes mengatakan tujuh kasus DBD di wilayah Nabire Kota yaitu 1 kasus di kelurahan karang mulia dan 3 kasus di Kelurahan Nabarua. Sedangkan di Distrik Nabire Barat yaitu di Kampung Wadio SP3 dengan tiga kasus.

Dr Frans Sayori mengatakan 7 orang pasien dbd tersebut diantaranya masih sementara dirawat di rsud nabire.

“Sedangkan untuk tindakan pencegahan, kami akan membagikan bubuk abate sebagai langkah abatesasi di masyarakat. Saat ini kami belum bisa melakukan fogging atau pengasapan, karena masih menunggu pengiriman bahan penyemprotan dari Dinas Kesehatan Propinsi kami terus berkoordinasi sementara sosialisasi juga kami lakukan di daerah-daerah terdampak DBD," Ujar Dr Frans Charles Sayori, M.Kes Kepada Radio Republik Indonesia di ruang kerjanya, Senin (11/2/2019) pagi.

Ia menjelaskan apabila kasus DBD di Nabire tidak ditangani dengan serius oleh semua pihak atau lintas sektor termasuk aparat kelurahan atau kampung maka kasus ini akan terus meningkat di daerah ini.

"Saya meminta kepada masyarakat agar menjaga lingkungan tetap bersih serta melakukan 3 m yaitu menutup, menguras dan menimbun. Menutup bak air, menguras bak, dan menimbun barang bekas yang dapat menampung air hujan agar tidak menjadi sarang jentik nyamuk," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00