• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Satwa Dilindungi Sitaan BKSDA Jambi Dilepasliarkan

11 February
19:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jambi : Dua  ekor Burung Elang Brontok (Nisaetus cirrhatus) dan tiga ekor Kucing Hutan (Felis bengalensis) hasil sitaan BKSDA dari masyarakat  dalam operasi yang dilaksanakan beberapa hari lalu, telah dilepasliarkan.

Dijelaskan Kepala Resort Kota Jambi dan Muarojambi, BKSDA Jambi, Endang Sunandar, dua ekor Burung Elang Brontok berjenis kelamin jantan dan betina serta tiga ekor Kucing Hutan berjenis kelamin betina dilepasliarkan di kawasan hutan PT. Restorasi Kawasan Indonesia (REKI) .

Seekor Burung Elang Brontok berjenis kelamin jantan merupakan hasil tangkapan petugas Balai KSDA Jambi yang telah berhasil menggagalkan transaksi jual beli satwa yang dilindungi, sedangkan 1 ekor lagi berjenis kelamin betina merupakan sitaan dari warga Kota Jambi yang memiliki dan memelihara satwa dilindungi. Untuk tiga ekor Kucing Hutan merupakan penyerahan secara sukarela dari warga kepada Balai KSDA Jambi,” ujar  Kepala Resort Kota Jambi dan Muarojambi, BKSDA Jambi, Endang Sunandar, Senin (11/2/2019).

Satwa -satwa tersebut dilindungi oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor P.106 tentang Jenis Tumbuhan dan SatwaLiar yang Dilindungi dan UU Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Ditambahkannya, PT. REKI  dipilih sebagai Lokasi pelepasliaran dikarenakan lokasi tersebut merupakan habitat atau tempat hidupnya burung elang brontok dan kucing hutan, sehinggga diharapkan setelah dilakukan pelepasliaran, satwa tersebut dapat bertahan hidup. Selain itu kawasan hutan PT. REKI juga mempunyai luasan yang cukup untuk daya jelajah satwa tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00