• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Tingkatkan Kesehatan, Sejumlah Balita Di Kabupaten Kediri Diberi Vitamin A

11 February
19:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kediri : Demi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, kini sejumlah anak usia balita di Kabupaten Kediri menerima pemberian kapsul vitamin A dan paket makanan sehat.

"Setiap anak balita ini, selain memperoleh vitamin A juga mendapatkan satu butir telur ayam rebus dan satu bungkus  minuman sari kedelai," kata Supartin, Ketua Pengurus Posyandu sekaligus Istri Kepala Desa, di Desa Blimbing, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, Senin (11/2/2019).

Menurut dia, pemberian Vitamin A ini merupakan program rutin dari pemerintah pusat yang kemudian diterapkan di daerah. Untuk penyaluran di Desa Blimbing, hal tersebut dilakukan kepada puluhan anak balita.

"Khususnya mereka yang berusia di bawah 1 tahun dan anak di atas 1 tahun," katanya.

Dia menambahkan, bagi anak di bawah usia 1 tahun, diberi kapsul vitamin A warna biru. Kemudian, anak di atas usia 1 tahun diberi kapsul vitamin A warna merah.

"Supaya pemberiannya tepat sasaran, kami langsung melakukannya saat di Posyandu dan diberikan oleh para kader Posyandu. Hal ini sekaligus, agar kami tahu bahwa vitamin A ini benar diminum oleh si balita," katanya.

Di lokasi yang sama, Marmi,  salah satu ibu rumah tangga di Desa Blimbing, mengaku, sangat senang, pada saat ini kedua anak balitanya bisa mendapatkan vitamin A.

Dia meyakini, program pemerintah ini ke depan, mampu menghindarkan anaknya dari berbagai potensi penyakit mata yang berbahaya.

Sebagai informasi, di Posyandu Desa Blimbing ini, sejumlah orang tua juga diwajibkan mengumpulkan foto kopi KTP dan foto kopi Kartu Keluarga (KK). Hal itu sebagai upaya dari pemerintah daerah setempat, untuk memperbarui data tentang jumlah anak balita di desa sehingga akan memudahkan pemda setempat, dalam penerapan Program Kesehatan di daerah. Seperti halnya, pemberian Vitamin A yang dilakukan dua kali, setiap tahun, tepatnya pada bulan Februari dan juga Agustus. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00