• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Jaga Kelestarian, BKIPM Bengkulu Bakal Lepas Bayi Lobster

11 February
18:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu :Pihak Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bengkulu, mengisyaratkan bakal melepas-liarkan puluhan bayi Lobster yang sebelumnya telah berhasil diamankan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu dari pengumpul bayi lobster.

Kepala BKIPM Bengkulu Ardinan Pribadi saat melihat Barang Bukti (BB) yang berhasil diamankan Lanal Bengkulu menyatakan, pelepas-liaran bayi lobster itu dimaksud sebagai upaya penyelamatan, agar tetap ada dihabitatnya.

“Untuk waktu pelepas-liaran belum bisa dipastikan, karena bayi lobster yang diamankan sebagai barang bukti masih dibutuhkan tim penyidik untuk proses penegakan hukum.Setelah proses tersebut selesai, bayi lobster itu diserahkan kepada kita secara resmi, dan baru pelepas-liaran dilakukan sebagaimana petunjuk yang ada," katanya, Senin, (11/2/2019).

Sementara itu, Pengumpul bayi Lobster, Apen, yang saat ini masih diamankan di Mako Lanal Bengkulu mengaku, bayi lobster tersebut dibelinya dari masyarakat yang menangkap dengan menggunakan alat tradisional, seharga Rp.12 ribu per-ekornya.

Sedangkan dirinya diamankan lantaran menurut petugas diduga menyalahi aturan.

Saya baru 2 bulan terakhir mengumpulkanbayi lobster, dan biasanya bayi lobster saya jual lagi Rp.15 ribu per-ekornya," jelasnya.

Untuk diketahui, pada Minggu (10/2/2019) kemarin sekitar pukul 11.30 WIB bertempat di Desa Gedong Sako, Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur, Lanal Bengkulu berhasil mengungkapkan dugaan perdagangan bayi lobster.

Dalam pengungkapan itu, berhasil diamankan sekitar 90 ekor bayi lobster, buku catatan jual beli, mesin Airator mini 20 unit, toples 13 buah, dan polipom kecil sebanyak 3 buah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00