• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Dinas TPHP Bengkulu Tetapkan Kenaikan Harga TBS Kelapa Sawit di Bengkulu

11 February
18:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, dalam periode Februari 2019 ini telah menetapkan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit sebesar Rp 1.126 per Kilogram (Kg).

Penetapan harga tersebut mengalami kenaikan dari sebelumnya yang berada diangka Rp 1.080 per Kg.

Kepala Dinas TPHP ProvinsiBengkuluRicky Gunarwan mengatakan, dari harga TBS yang ditetapkanitu, pihak perusahaan perkebunan yang ada dalam wilayah Provinsi Bengkulu diberikan toleransi sebesar 5 persen, dari harga yang sudah ditentukan.

"Kenaikan harga yang terjadi lantaran dipengaruhi harga Crude Palm Oil (CPO) ditingkat dunia, mengalami kenaikan," ujarnya, Senin (11/2/2019).

Dikatakan, penetapan harga TBS kelapa sawit sebesar Rp 1.126 per Kg tersebut, akan mulai berlaku sejak terhitung pada Kamis (7/2/2019) lalu hingga kembali dilakukan penetapannantinya.

Untuk itu bagi setiap perusahaan wajib mentaati harga yang telah ditetapkandimaksud tanpa terkecuali termasuk perusahaan yang tidak termasuk dalam Gabungan Perusahaan Kepala Sawit Indonesia (GAPKI).

"Kita minta perusahaan dapat membeli TBS dari kendaraan-kendaraan kecil. Sehingga masyarakat bisa menjual langsung TBS ke pabrik, yang harganya tidak mengalami pemotongan dari tengkulak atau pengumpul. Sehingga nantinya perekonomian petani mengalami peningkatan, seiring dengan penetapan harga TBS,"imbuhnya.

Lebih jauh dijelaskan, pasca penetapanharga TBS kelapa sawit ini, pihaknya bakal turun secara langsung untuk mengawasi realisasi harga TBS dimasing-masing perusahaan yang ada.

"Diharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ditingkat kabupaten/kota juga dapat turut serta melakukan pengawasan.Sehingga tidak ada perusahaan yang masih bermain dengan harga TBS ini," tandas Ricky. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00