• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

DKP Bengkulu Pastikan Pengurusan Izin Untuk Nelayan Bakal Dipermudah

11 February
18:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu memastikan akan memberikan kemudahan dalam pengurusan izin bagi nelayan yang ada dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

Bahkan untuk merealisasikan hal itu, sebanyak 3 gerai terpadu untuk melayani kebutuhan perizinan kapal bagi nelayan, telah didirikan.

“Ketiga gerai itu, pertama sudah diluncurkan di Pelabuhan Pulau Baai. Lokasi gerai perizinan terpadu itu, tepatnya di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI). Lalu diKabupaten Mukomuko dan Kaur,” ungkap Kepala DKP ProvinsiBengkulu, Ivan Samsurizalkepada jurnalis.

Dikatakan, pemilihan lokasi tiga gerai tersebut, karena tempat pusat usaha perikanan dan budidaya ikan. Lalu juga tidak jauh dari pusat beroperasinya kapal-kapal milik nelayan, sehingga nelayan tidak sulit mengurus perizinan.

Penertiban izin nantinya tetap dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Sedangkan perizinan yang direkomendasikan DKP Provinsi, khusus untuk kapal berbobot 10 Gross Tonage (GT) hingga 30 GT,” katanya, Senin, (11/2/2019).

Ditambahkannya, pentingnya perizinan bagi nelayan ini dalam rangka untuk mendongkrak produksi perikanan di Bengkulu.Apalagi masih ada yang belum tergarap secara optimal.Kemudian juga yang tidak kalah pentingnya menghindari adanya perizinan kapal-kapal yang terindikasi bobot kapaltidak sesuai, bisa ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Dalam proses perizinan ini diharapkan dukungan pemerintah kabupaten/kota terutama mengoptimalkan potensi perikanan tangkap ini. Sehingga nantinya berdampak positif terhadap kesejahteraan nelayandi Bengkulu," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00