• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pameran RNPK 2019 Libatkan Berbagai Pemangku Kepentingan

11 February
18:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Depok : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan Rembuk Nasional Pendidikan (RNPK) 2019 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai (Pusdiklat) Kemendikbud, Bojong Sari, Depok, Jawa Barat.

Mengawali penyelenggaraan RNPK 2019, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy meresmikan pembukaan Pameran RNPK 2019. 

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim secara resmi pameran Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019, saya buka," ucap Mendikbud sambil membunyikan angklung di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai (Pusdiklat) Kemendikbud, Bojong Sari, Depok, Jawa Barat, Senin (11/02/2019).

Mendikbud beserta rombongan juga disambut oleh tarian Golek Ilmu yang dibawakan oleh Sanggar Tari Gandrung Arum dari Banyuwangi, Jawa Timur. 

Pameran RNPK akan diselenggarakan pada tanggal 11 – 13 Februari 2019 di Pusdiklat Kemendikbud, Bojong Sari, Depok, Jawa Barat. 

Pameran menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan. Ini merupakan ketiga kalinya pameran diselenggarakan dengan melibatkan banyak pemangku kepentingan, mulai dari siswa, guru, komunitas pendidikan, hingga dunia usaha, dunia industri yang memiliki kepedulian di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Pameran RNPK tahun ini merupakan pameran terbesar yang pernah diselenggarakan sepanjang kegiatan rutin tahunan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan. 

Pameran RNPK 2019 dibuka dari pukul 09.00 sampai dengan 20.30 WIB, dan terbuka untuk masyarakat umum secara gratis. Diharapkan semakin banyak masyarakat yang melihat dan mengetahui perkembangan penguatan pendidikan dan pemajuan kebudayaan dari produk-produk yang dipamerkan. 

Ada sebanyak 78 stan yang mengisi di atas lahan seluas 1.700 meter persegi yang terbagi dalam delapan anjungan, yaitu Melaju Vokasiku (diisi 14 stan); Sinergi DUDI (diisi 13 stan); Inovasi Pembelajaran (diisi 6 stan); Kulinerku Maju (diisi 7 stan); Capaian Kemendikbud (menampilkan perkembangan hasil capaian program prioritas pemerintah); Inspirasiku Untukmu; Budayaku Cerminku; Giat Masyarakat (5 stan); dan Unjuk Kesenian yang menampilkan beragam sajian tari dan kesenian.

RNPK 2019 sendiri direncanakan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo besok, Selasa (12/02/2019).

Tema RNPK 2019 yaitu mengangkat tema Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan. Dalam RNPK 2019, digelar juga Pameran Pendidikan dan Kebudayaan dengan mengusung tema “Menguatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia”. 

Tema tersebut diambil agar sejalan dengan komitmen Kemendikbud yang terus berupaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas serta kompetitif dalam menghadapi persaingan global dan tuntutan industri 4.0.  (RH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00