• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

KPUD Jabar: Logistik Pemilu TIdak Disimpan Sesuai SOP

11 February
08:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komisi Pemilian Umum (KPU) Daerah Jawa Barat menyatakan kondisi logistik Pemilu yang disimpan dalam gudang untuk daerah Cirebon menjadi rusak karena kondisi hujan tersebut, disebabkan pula pihaknya yang tidak menyimpan sesuai Standart Operational Procedure (SOP). Sesuai ketentuan SOP adalah kewajiban bagi KPU untuk mengalasi perlengkapan Pemilu tersebut dengan palet.

"Di mana kotak tersebut disimpan yang di bawahnya itu tidak dialasi dengan palet, sesuai dengan SOP. Kan kotak itu sekarang dalam proses perakitan dirakit dibentuk, menjadi kotak-kotak kemudian disusun di dalam gudang semuanya. Mestinya penyimpanan kotak yang belum maupun yang sudah dirakit itu di dalam gudang itu dialasi secara keseluruhan itu dengan palet," jelas Komisioner KPU Jawa Barat, Nina Ayuningsih dalam Dialog Pro 3 RRI, Senin (11/2/2019). 

Ia juga mengakui bahwa pihaknya mengalami kelalaian sehingga palet tidak dipasang dan menyebabkan kondisi hujan yang menimpa daerah Cirebon tidak dapat ditahan kembali untuk menjaga kondisi perlengkapan tersebut dengan baik. Bahkan ia juga menyayangkan bahwa setiap orang yang turun tangan dalam menjaga perlengkapan Pemilu tersebut terlalu banyak alasan untuk tidak mengikuti SOP.

"Justru palet itu untuk menghindari dari lembab, dari air, dari binatang gitu kan. Namun yang terjadi di Cirebon ini memang ada kelalaian dari petugas kami di sana," ucapnya.

"Mereka tahu ketentuannya. Bahwa penyimpanan segala macam perlengkapan TPS itu atau orang menyebutnya logistik ya, nah logistik pemilu itu ya di dalam gudang itu harus memakai palet. Ini belum, dengan berbagai alasan," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00