• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

KONI Malang Sambut Baik Kepengurusan BLiSPI Jatim

10 February
19:45 2019
2 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) yang bekerjasama dengan Kemenpora konsisten mengelola Liga Sepakbola Pelajar U14 Piala Menpora sekaligus membentuk timnas muda.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum BLiSPI Jawa Timur, Haris Thofly dalam sambutannya usai dikukuhkan bersama jajaran kepemgurusan BLiSPI Jatim masa bakti 2018-2022 di Kota Malang.

Pria yang berprofesi sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Malang didampingi Sekretaris Umum Ryan Agusniza Sudirman mengatakan,  tanpa diimbangi dengan penyelenggaraan kejuaraan atau kompetisi pembinaan sepak bola usia dini dan usia muda tidak akan menghasilkan pemain berkualitas sebagaimana yang diharapkan.

" Untuk itu, Haris mengajak BLiSPI Pusat dan kepengurusan BLiSPI di seluruh Indonesia untuk memperbanyak event/kejuaraan sepak bola usia muda,"ujar cak Haris dalam siaran Persnya yang diterima RRI, Minggu (10/2/2019).

"Sebagaimana yang saya baca dalam buku panduan pembinaan usia dini dan usia muda yang dibuat oleh FIFA. Untuk mengasah kemampuan pemain harus lewat event. Dalam satu tahun, anak-anak harus bermain dalam pertandingan resmi minimal 20 kali. Pertandingan resmi yang ada wasit, penonton dan memakai jersey yang berbeda. Anak-anak harus merasakan atmosfir kejuaraan. Kemampuan teknik dan mental mereka akan tertempa," papar Haris. 

"Jawa Timur wilayahnya luas. SSB-nya banyak. Tentu ini menjadi pekerjaan rumah yang tidak mudah. Harus diimbangi dengan kerja keras," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum BLiSPI Pusat, Subagja Suihan menegaskan selurh jajaran pengurus baik di pusat dan di daerah harus komit dan siap berkorban untuk memajukan pembinaan sepakbola usia dini dan usia muda di Indonesia. 

"Jadi pengurus BLiSPI harus siap berkorban. Mulai dari berkorban pikiran, waktu, uang sampai berkorban perasaan. Kenapa siap  berkorban perasaan? Karena meskipun kita sudah bekerja total membina anak-anak, masih ada saja pihak yang menjelek-jelekan bahkan menuduh kita. Tetapi kita tidak boleh patah semangat. Justru kita harus semakin termotivasi untuk membuktikan bahwa kita bekerja sungguh-sungguh demi kemajuan sepakbola usia dini dan usia muda Indonesia agar berjaya," ujarnya.

Sehari sebelumnya, Subagja kembali mendapat penghargaan Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 sebagai Pembina Terbaik kategori Penggerak Sepakbola Usia Muda di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur.

Ini kali kedua Subagja mendapat penghargaan dari SIWO PWI Pusat, sebelumnya pada 2017 dia juga mendapat penghargaan serupa.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KONI Kota Malang, Edy Wahono menyambut baik dan mengucapkan selamat kepada kepengurusan BLiSPI Jatim yang telah dikukuhkan oleh BLiSPI Pusat.

"Pada Juli mendatang di Jatim akan digelar Pekan Olahraga Provinsi. Malang harus bisa meraih emas di cabang sepakbola. Saya tahu ini bukan target yang ringan. Namun saya yakin Malang bisa juara. Sekali lagi saya mengapresiasi terbentuknya kepengurusan BLiSPI Jatim. Selamat bertugas," pungkasnya.

Acara pengukuhan berlangsung sederhana dan khidmat. Turut hadir mantan pelatih kiper timnas U19, Jarot Supriadi yang mewakili pendiri BLiSPI Pusat, Ketua KONI Kota Malang, Edy Wahyono dan 15 Koordinator Daerah BLiSPI Jatim.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00